Pengembangan Modul Tentang Jaringan Hewan Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 22 Surabaya

  • WAHYU ZUNAIZAH

Abstract

Proses pembelajaran merupakan komponen utama dalam pendidikan dan menjadi salah satu penentu ketuntasan hasil belajar. Kurangnya media dalam pembelajaran menyebabkan hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Media modul cetak merupakan salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk kelayakan modul cetak yang dikembangkan pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 22 Surabaya. (2) untuk mengetahui keefektifan hasil belajar modul cetak yang dikembangkan pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 22 Surabaya.

Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui kelayakan media modul dan tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data dari angket dapat disimpulkan bahwa media modul dalam pembelajaran materi jaringan hewan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil analisis data dari hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa pengembangan media modul cetak ini dapat meningkatkan hasil belajar, hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya hasil uji T, t hitung memperoleh hasil yang lebih besar dari t tabel yaitu 4,35 untuk t hitung dan 2,021 untuk t tabel dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengembangan media modul materi jaringan hewan mata pelajaran Biologi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 22 Surabaya.

Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Jaringan Hewan, Hasil Belajar


Published
2018-01-16