PENGEMBANGAN MEDIA MODUL ELEKTRONIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI DINAMIKA LITOSFER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA HANG TUAH 1 SURABAYA

  • ELSYA AYU PROVIARI

Abstract

ABSTRAK

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar merupakan proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan/materi pelajaran dari guru kepada siswa yang dilakukan dengan tujuan pembelajaran. Mata pelajaran geografi materi Dinamika Litosfer tidak dapat mengembangkan kemampuannya, karena strategi pembelajaran tidak digunakan secara baik dalam setiap proses pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan studi awal dan observasi yang dilakukan peneliti di SMA Hang Tuah 1 Surabaya pada tanggal 20 Januari 2017 diperoleh informasi bahwa ada 70% dari 35 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM pada pelajaran Geografi. Hal ini dikarenakan materi Dinamika Litosfer merupakan materi yang sangat banyak mengandung konsep-konsep yang tidak bisa hanya digambarkan dengan gambaran abstrak saja serta strategi pembelajaran serta media yang digunakan masih belum cukup untuk memfasilitasi pemerolehan pemahaman bagi peserta didik. Sehingga diperlukan Pengembangan Media Modul Pada Mata Pelajaran Geografi yang layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model ADDIE. metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen wawancara dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media modul pada ahli materi I dan II dapat dikategorikan sangat baik. Ahli media I dan II didapatkan hasil yang sangat baik. Sedangkan untuk uji coba perorangan mendapatkan 95,55%, uji coba kelompok kecil 95,33%, dan uji coba kelompok besar sebesar 98,66%. Dapat disimpulkan bahwa media Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran Geografi ini dikatakan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan media menggunkan uji-t dengan d. b= N-1 = 35-1 = 34 (dikonsultasikan dengan tabel nilai t) dengan nilai t 0,05 harga t = 2,042 dimana pada pengembangan ini menghasilkan t hitung lebih besar dari pada t tabel 18,23> 2,68, dengan demikian menunjukan bahwa media Modul ini sangat efektif apabila digunakan dalam kegiatan pembelajaran Geografi materi Dinamika Litosfer.

Kata kunci : Media, Modul Elektonik, Dinamika Litosfer, Geografi.

Published
2018-02-05
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 120