PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KLASIFIKASI MAHKLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMPN 1 GONDANG

  • IIS PURWANTI NUR KHIFDIYAH

Abstract

ABSTRAK

Mata pelajaran IPA adalah pelajaran yang erat kaitannya dengan Alam. Salah satu masalah yang ada dalam proses pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Gondang Mojokerto yang didapat peneliti adalah hasil pembelajaran klasifikasi makhluk hidup. Masalah ini masih terbilang rendah karena minimnya motivasi dan minat peserta didik saat mengikuti proses belajar.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran IPA materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 1 Gondang Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol sebagai objek penelitian. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Sedangkan kelas kontrol tanpa diberi perlakuan atau proses belajar konvensional.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Dari hasil pengumpulan data, teknik observasi mendapatkan kesepakatan antara pengamat I dan II. Sedangkan hasil dari teknik tes yang diberikan pada 3 kelas, yaitu dua) kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, Hasil perhitungan uji Annova adalah 3,808 dan diperoleh harga Ftabel = 2,26 Jadi 3,808> 2,26 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen dari kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pasangan (Make a Match) Meningkatkan Hasil Pembelajaran di Subyek Ilmu Subyek Klasifikasi Makhluk Hidup di Kelas VII di SMP Negeri 1 Gondang Mojokerto.

Kata kunci: Penerapan, Kooperatif, Make a Match, Ilmu Pengetahuan Alam

Published
2018-02-09