PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI POKOK INDONESIA ZAMAN PRAAKSARA DI SMA NEGERI 4 SIDOARJO

  • EGA MARETHA SARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghaslkan media video animasi Motion Graphic mata pelajaran sejarah materi pokok Indonesia Zaman Praaksara di SMA Negeri 4 Sidoarjo. Berdasarkan studi awal dan observasi yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 4 Sidoarjo pada tanggal 30 Maret 2017 diperoleh informasi bahwa ada 60% dari 33 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM pada pelajaran Sejarah. Sehingga diperlukan Pengembangan Media Video Animasi Pada Mata Pelajaran Sejarah yang layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model ADDIE. metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen wawancara dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media modul pada ahli materi I dan II dapat dikategorikan sangat baik. Ahli media I dan II didapatkan hasil yang sangat baik. Sedangkan untuk uji coba perorangan mendapatkan 96,2%, uji coba kelompok kecil 97,2%, dan uji coba kelompok besar sebesar 98,2%. Dapat disimpulkan bahwa media Video Animasi Pada Mata Pelajaran Sejarah ini dikatakan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan media menggunkan uji-t dengan (df)= (N1+N2)-2 maka didapat df (35+35)-2 = 68 (dikonsultasikan dengan tabel nilai t) dengan nilai t 0,05 harga t = 2,000 dimana pada pengembangan ini menghasilkan t hitung lebih besar dari pada t tabel (3,461 > 2,000), dengan demikian menunjukan bahwa media Video animasi ini sangat efektif apabila digunakan dalam kegiatan pembelajaran Sejarah Materi Pokok Praaksara.

Kata kunci : Media, Video Animasi, Motion Graphic, Zaman Praaksara, Sejarah
Published
2018-03-26