PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI BASA RINENGGA UNTUK SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • ANITA DESI ANDARI

Abstract

Berdasarkan studi awal dan observasi yang dilakukan peneliti di SMPN 22 Surabaya pada tanggal 31 Maret 2017 diperoleh informasi bahwa terdapat permasalahan yaitu belum tercapainya tujuan pembelajaran mata pelajaran bahasa jawa materi basa rinengga yang bertujuan siswa dapat memahami basa rinengga. Hal ini diketahui ada 55% dari 38 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM pada pelajaran bahasa Jawa.

Berdasarkan permasalahan yang ada serta karakteristik siswa dan materi, maka media yang sesuai untuk digunakan adalah media modul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah belajar yang dihadapi oleh siswa dalam mata pelajaran bahasa jawa dengan mengembangkan media modul. Modul ini menghasilkan materi basa rinengga yang dapatdigunakan oleh siswa secara mandiri.

Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model ADDIE. Subjek dan lokasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMPN 22 Surabaya dengan jumlah siswa 38 siswa. Untuk uji coba produk dilaksanakan dengan 3 orang siswa untuk uji coba perseorangan, 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 29 siswa untuk uji coba kelompok besar dengan seluruh siswa 38 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen wawancara dan angket.

Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media modul multimedia pada ahli materi I dan II dapat dikategorikan baik. Ahli media I dan II didapatkan hasil yang sangat baik. Sedangkan untuk uji coba perorangan mendapatkan 93,33%, uji coba kelompok kecil 89,58%, dan uji coba kelompok besar sebesar 91,55%. Dapat disimpulkan bahwa media Modul Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa ini dikatakan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan media menggunakan uji-t dengan df = (N1+N2)-2 = (38+38)-2 = 74 (dikonsultasikan dengan tabel nilai t) dengan nilai t 0,05 harga t = 2,000 dimana pada pengembangan ini menghasilkan t hitung lebih besar dari pada t tabel 2,379>2000, dengan demikian menunjukan bahwa media Modul ini sangat efektif apabila digunakan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Jawa materi Basa Rinengga.

Kata kunci : Media, Modul, Basa Rinengga, Bahasa Jawa.

Published
2018-04-01