PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN DALAM MEMBUAT ANIMASI STOP MOTION PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2D BAGI SISWA KELAS XI DI SMKN 1 PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO

  • ETRIS MABRUROH
  • MUSTAJI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memberikan gambaran keterlaksanaan project based learning terhadap hasil belajar keterampilan dalam membuat animasi stop motion pada mata pelajaran teknik animasi 2D bagi siswa kelas XI di SMKN 1 Pungging kabupaten Mojokerto, dan (2) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan project based learning terhadap hasil belajar keterampilan dalam membuat animasi stop motion pada mata pelajaran teknik animasi 2D bagi siswa kelas XI di SMKN 1 Pungging kabupaten Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada siswa kelas XI SMK jurusan Multimedia di kabupaten Mojokerto. Data diambil melalui observasi, tes, dan penilaian proyek. Berdasarkan hasil analisis data observasi aktivitas belajar guru diperoleh 0,85 termasuk dalam kategori baik, sedangkan untuk aktivitas belajar siswa diperoleh 0,85 termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis uji one-way Anova pada data pre-test dan post-test diperoleh fhitung lebih besar dari ftabel yaitu fhitung= 14,85 > ftabel= 3,10 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil observasi aktivitas pembelajaran guru dan siswa, nilai tes dan penilaian proyek tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa project based learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar keterampilan dalam membuat animasi stop motion bagi siswa SMK dalam lingkup yang luas terutama di kabupaten Mojokerto.

Kata Kunci: project based learning, hasil belajar keterampilan


Published
2018-05-21
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 71