Pengembangan Media Computer Asissted Instruction (CAI) Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi Materi Pokok Animasi Stop Motion Kelas XI Di SMKN 1 Sooko Mojokerto

  • RIZKY IKMAL FIRMANSYAH
  • CITRA FITRI KHOLIDYA

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media CAI yang layak dan efektif pada mata pelajaran teknik animasi 2 dimensi materi pokok animasi stop motion untuk siswa kelas XI Multimedia SMKN 1 Sooko Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen wawancara, angket dan tes. Instrumen wawancara ditujukan kepada ahli materi, ahli media pembelajaran, kemudian angket dan tes ditunjukan kepada siswa kelas XI Multimedia SMKN 1 Sooko Mojokerto. Model pengembangan yang digunakan pengembang adalah model ADDIE. Data hasil uji validitas ahli materi memperoleh presentase 95% (sangat baik), ahli media memperoleh presentase 94% (sangat baik). Hasil uji coba kelompok kecil 100%, uji coba kelompok besar 99% (sangat baik). Analisis uji-t dilakukan dua kali yaitu membandingkan hasil pretest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kedua membandingkan hasil postest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis pretest diperoleh thitung<ttabel (0,388<2,021) artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dan kemampuan awal siswa sama. Sedangkan hasil analisis postest diperoleh thitung>ttabel (7,68>2,021) artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Hal ini menunjukkan bahwa media CAI mata pelajaran teknik animasi 2 dimensi materi pokok animasi stop motion efektif.

Kata kunci : Pengembangan, Media, CAI, Animasi, Teknik Animasi 2 Dimensi, Animasi Stop Motion

Published
2018-05-21
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 12