PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MATERI CITRA BITMAP UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK WACHID HASYIM 2 SURABAYA

  • ANIS NOVA LINDA
  • UTARI DEWI

Abstract

Pengembangan media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk memecahkan suatu masalah pembelajaran. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan media dan meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya diperlukan pengembangan media pembelajaran berupa media modul untuk mata pelajaran Pengolahan Citra Digital. Dari latar belakang masalah yang ada maka, diperlukan pengembangan media modul yang layak dan efektif pada pelajaran Pengolahan Citra Digital materi pokok Citra Bitmap untuk siswa kelas XI Multimedia di SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan media modul yang layakdan efektif untuk digunakan sebagai media.

Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model R&D. metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen wawancara dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media modul pada ahli materi I dan II dapat dikategorikan sangat baik. Ahli media I dan II didapatkan hasil yang sangat baik. Sedangkan untuk uji coba perorangan mendapatkan 96,4%, uji coba kelompok kecil 95,68%, dan uji coba kelompok besar sebesar 96,32%. Dapat disimpulkan bahwa media Modul Pada Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital ini dikatakan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Sedangkan untuk efektifitas media yang telah dihitung menggunakan rumus Uji-t diperoleh data yang telah disimpulkan dengan tabel taraf signifikan 5% (Sugiyono, 2010) d.b= 28-1=27 , sehingga diperoleh t tabel = 2.052. Jadi t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 32,45> 2.052. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pre-test dan post-test media modul Citra Bitmap Pada Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital untuk siswa kelas XI SMK Wachid Hasyim 2 Surabaya efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci : Media, Pengolahan Citra Digital, Modul, Citra Bitmap.






Published
2018-05-21
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 108