PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOCIAL INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN YANG BERMUATAN NIALAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • NURDIANTI SITI RUKMANA
  • MUSTAJI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memberikan diskripsi tentang proses penerapan model pembelajaran Social Inquiry pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter bagi kelas VII sekolah Menengah Pertama dan (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Social Inquiry terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter bagi siswa kelas VII sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk penelitian control group pre test-post test yang telah dimodifikasi, yaitu dengan subyek penelitian 2 kelompok eksperimen dan 2 kelompok. Pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan observasi untuk mengamati aktivitas belajar yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.Berdasarkan hasil analisis data dari observasi aktivitas belajar dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar yang berkaitan dengan keterlaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori baik.Sedangkan hasil analisis data pre test menggunakan uji One-way Anava thitung memperoleh hasil yang lebih kecil dari ttabel yaitu 1,81 untuk t hitung dan 2,67 untuk ttabel (1,81<2,67 )dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil Analisis data post-test menggunakan uji One-way Anava t hitung memperoleh hasil yang lebih besar dari ttabel yaitu 72,9 untuk t hitung dan 2,67 untuk ttabel (72,9>2,67 )dengan demikian setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Social Inqury untuk kelompok eksperimen terdapat peningkatan yang signifikan dibanding dengan kelompok kontrol. Hasil Analisis data menggunakan uji One-way Anava thitung memperoleh hasil yang lebih besar dari ttabel yaitu 66,8 untuk thitung dan 2,03 untuk t tabel (66,8>203 )dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Social Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci : Metode Social Inquiry, Hasil Belajar

Abstract

The objectives of this research are 1) to give illustration about the process of applying Social Inquiry learning model on learning Pancasila and Civics Education of character educational values for VII grade junior high school. The second is to know the effect of Social Inquiry learning model on learning result in Pancasila and Civics Education of character educational values for VII grade junior high school.The method in this research is quantitative method. The research descriptions used were Quasi Experimental Design with a modified group study pre-test-post test, which is with observation subject 2 experiment groups and 2 groups control. The data are gathered by using test to know the students’ learning result and observation to observe learning activity that is related with teaching learning process. Based on the result of data analysis from observation of learning activity, it can be concluded that learning activity which is related with teaching learning process belong to good category. Analisiss result data points out that pre-test experiment group and no difference control group that signifikan. Anavas result 1 Band assesses pre-test pre-test gotten Fhitung< Ftabel, or 1,81< 2,67. Result post-test there is difference which signifikan among agglomerate experiment and control group. anavas result 1 band assesses post-test-post-test test gotten f computing Fhitung> Ftabel, or 72,9 >2,67. After been given conduct by use of Social Inquiry Metods for experiment group exists step-up that signifikan than control group. Anavas result 1 Band assesses pre-test and post-test gotten f computing Fhitung> Ftabel, or 66,8 >2,03 so give result step-up study conduct afterses.

Keywords:Social Inquiry Method, Learning Outcomes



Published
2018-05-25
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 124