PENGEMBANGAN MEDIA MODUL ELEKTRONIK PADA MATERI POKOK BILANGAN BULAT DAN PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PAMEKASAN

  • WEBY PRILIYADI SATRIA ONE

Abstract

Berdasarkan studi awal dan observasi yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 1 Pamekasan diperoleh informasi bahwa ada 70% dari 32 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM pada pelajaran Matematika. Hal ini dikarenakan Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas VII SMPN 1 Pamekasan pada tanggal 2 april 2017, kondisi nyata yang peneliti temukan di lapangan sesuai observasi dan wawancara yaitu siswa kesulitan dalam memahami tentang materi pokok bilangan bulat dan pecahan. Pada saat wawancara dengan siswa, siswa hanya mengerti tentang bilangan bulat sampai menentukan hasil perpangkatan bilangan bulat. Dikarenakan saat proses pembelajaran cara penyampaian guru dirasa sangat cepat, pembelajaran untuk menyampaikan materi yang banyak dan jam pelajaran yang terbatas sehingga siswa ada yang ketinggalan materi dan ada yang dapat mengikuti materi yang telah di sampaikan guru, Sehingga materi pelajaran tidak tersampaikan semua. Adapun tujuan dari penelitian ini agar mengetahui penggunaan media modul elektronik layak digunakan dan mengetahui penggunaan media modul elektronik efektif digunakan pada kelas VII di SMP Negeri 1 Pamekasan.

Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model Research and Development (R&D) Borg and Gall (1989). metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen wawancara dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media modul elektronik pada ahli materi I dan II dapat dikategorikan sangat baik. Ahli media I dan II didapatkan hasil yang sangat baik. Sedangkan untuk uji coba perorangan mendapatkan 96 %, uji coba kelompok kecil 96 %, dan uji coba kelompok besar sebesar 98 %. Dapat disimpulkan bahwa media Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran Matematika ini dikatakan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan media menggunkan uji-t dengan d. b= N-1 = 15-1 = 14 (dikonsultasikan dengan tabel nilai t) dengan nilai t 0,05 harga t = 2,145 dimana pada pengembangan ini menghasilkan t hitung lebih besar dari pada t tabel 8,35 > 2,145, dengan demikian menunjukan bahwa media Modul ini sangat efektif apabila digunakan dalam kegiatan pembelajaran Matematika materi pokok bilangan bulat dan pecahan.

Kata kunci : Media, Modul Elektonik, Bilangan Bulat dan Pecahan, Matematika.
Published
2018-05-28
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 983