PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN MATERI POKOK IKLAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V di SDLB-A YPAB SURABAYA

  • DESI PUTRIANA DEWI
  • CITRA FITRI KHOLIDYA

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN MATERI POKOK IKLAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V di SDLB-A YPAB SURABAYA.

Nama

:

Desi Putriana Dewi

NIM

:

14010024002

Program Studi

:

S-1 Teknologi Pendidikan

Jurusan

:

Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

Fakultas

:

Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga

:

Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing

:

Citra Fitri Kholidya, M.Pd.

Dalam proses pembelajarannya di SDLB-A YPAB Surabaya hanya menggunakan metode ceramah dan menggunakan media seadanya. Untuk membantu memecahkan permasalahan pada proses kegiatan belajar mengajar teesebut, dipilihlah media audio pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami materi iklan pada mata pelajaran Bahasa Inodnesia. Berdasarkan alasan tersebut tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah media audio pembelajaran yang layak dan efektif untuk siswa kelas V SDLB-A YPAB Surabaya pada materi pokok iklan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Dalam pengembangan media audio pembelajaran ini menggunakan model pengembangan R&D menurut Borg and Gall (2003:572). Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan media audio pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar. Hasil validasi RPP oleh ahli desain pembelajaran sebesar 93% termasuk dalam kategori baik sekali, hasil validasi materi oleh ahli materi I sebesar 100% termasuk dalam kategori baik sekali. Hasil validasi materi oleh ahli materi II sebesar 92,5 % termasuk dalam kategori baik sekali, hasil validasi naskah dan materi oleh ahli media I sebesar 90% dan 93,75%, hasil validasi nakah dan materi oleh ahli media II sebesar 100% dan 92,5 %. Sedangkan hasil dari pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan sign test diperoleh Zhitung sebesar 2,05. Sedangkan Ztabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,96. Sehingga Zhitung > Ztabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga adanya pengaruh yang signifikan dari media audio pembelajaran terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi iklan siswa tunanetra kelas V di SDLB-A YPAB Surabaya.

Kata Kunci : Siswa Tunanetra, Media Audio, Materi Iklan, Hasil Belajar.


ABSTRACT

THE DEVELOPMENT OF LEARNING AUDIO MEDIA ADVERTISEMENT SUBJECT MATERIAL IN GRADE V IN THE SUBJECT OF BAHASA INDONESIA AT SDLB-A YPAB SURABAYA.

Name

:

Desi Putriana Dewi

NIM

:

14010024002

Study Program

:

S-1 Educational Technology

Major

:

Curriculum and Educational Technology

Faculty

:

Science Education

Name of Institute

:

State University of Surabaya

Advisor

:

Citra Fitri Kholidya, M.Pd.

In the process of learning in SDLB-A YPAB Surabaya, only use lecture methods and using media pickup. To help solve the problems in the process of teaching and learning activities, selected learning audio media to assist students in understanding the creative on the subjects of Bahasa Indonesia. Based on the reason, the aim of this research is to produce a decent and effective learning audio media for grade V SDLB-A YPAB Surabaya students in the subject of Bahasa Indonesia.

In the development of audio media this learning using R & D development model according to Borg and Gall (2003:572). The type of data used is qualitative and quantitative data. The method used in collecting data in the form of interviews, observation, documentation, and tests. Analysis of the data used aims to determine the comparison of student learning outcomes before and after the application of audio media learning in the process of teaching and learning activities. The result of RPP validation by the learning design expert by 93% included in the excellent category, the result of materials validation by the material expert I is 100% included in the excellent category. The results of validation materials by material experts II amounted to 92.5% included in the excellent category, the results of manuscript and material validation by media experts I of 90% and 93.75%, the results of manuscript and material validation by media experts II by 100% and 92.5%. While the results of the pre-test and post-test are analyzed using the sign test obtained Zarithmetic of 2.05. While Z table at a significant level of 5% for 1,96. So Z arithmetic> Ztable, then Ho is rejected and Ha accepted so that there is a significant influence of learning audio media on the ability of students in understanding the creative material of students with visual impairment grade V in SDLB-A YPAB Surabaya .

Keywords: Students with visual impairment, Audio Media, Creative, Learning Outcomes.


Published
2018-06-26
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 20