PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI POKOK PERAWATAN TANGAN PADA MATA PELAJARAN BASIC BEAUTY THERAPY SPA KELAS X JURUSAN SPA DAN BEAUTY THERAPY DI SMKN 1 BUDURAN

  • RISMA EKA PANGESTU YUANDA
  • LAMIJAN HADI SUSARNO

Abstract

ABSTRAK

Pada mata pelajaran basic beauty therapy spa yang terdapat di SMK Negeri 1 Buduran pada materi pokok perawatan tangan atau biasa disebut manicure, siswa belum mengenal alat, bahan, lenan dan kosmetik serta langkah kerja perawatan tangan dikarenakan siswa hanya memiliki bahan ajar berupa buku PDF dan guru mendemonstrasikan secara langsung dan hanya satu kali paktek, dengan keterbatasan bahan untuk manicure yang mahal. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu diperlukan pengembangan media video pembelajaran mata pelajaran basic beauty therapy spa materi pokok perawatan tangan atau manicure yang layak dan efektif untuk siswa kelas X jurusan Spa dan Beauty Therapy di SMKN 1 Buduran.

Pengembangan ini menggunakan model pengembangan R&D menurut Sugiyono. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuanlitatif dan kuantitatif. Data yang dikumpulkan degan menggunakan teknik analis data yaitu wawancara, angket dan tes. Teknik analis data dengan menggunakan wawancara dan angket digunakan untuk memperoleh data kualitatif tentang kelayakan media video pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran dikelas, sedangkan teknik analis data dengan menggunakan tes digunakan untuk mengetahui apakah media video pembelajaran efektif digunakan dengan melalui uji soal pretest dan posttest.

Berdasakan hasil analisis data ahli materi dan ahli media dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : (a) hasil presentase Ahli Materi : 87,5 % (baik sekali) dan (b) hasil presentase Ahli Media : 92,3 % (baik sekali). Melalui hasil angket uji coba produk, dapat disimpulkan bahwa : (a) hasil presentase Uji Coba Perorangan 90,83 % (baik sekali), (b) hasil presentase Uji Coba Kelompok Kecil 90 % (baik sekali), (c) hasil presentase Uji Coba Kelompok Besar 89 % (baik sekali). Dengan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran ini dikategorikan sangat baik dan layak digunakan. Berdasarkan hasil perhitungan dengan taraf signifikan 5% db = N-1 (30-31 = 30), sehingga diperoleh ttabel 2,042. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu 9,987 dengan demikian perbedaan hasil pre test dan post test dinyatakan Efektif. Dengan demikian media video pembelajaran dinyatakan Layak dan Efektif.

Kata Kunci : Pengembangan, Video Pembelajaran, Perawatan Tangan.

ABSTRACT

In the subject of basic beauty therapy spa in SMK Negeri 1 Buduran, the main subject of hand care or commonly called manicure, the students are not familiar with the tools, materials, linen and cosmetics as well as hand care work step because students only have teaching materials in the form of PDF books and teachers demonstrating directly and only one-time practice, with limited material for expensive manicure. The formulation of the problem of this research is needed development of video media learning materials in the subject of basic beauty therapy spa which the basic material of hand care (manicure) is feasible and effective for grade X students, Spa and Beauty Therapy Departmen in SMKN 1 Buduran.

The thesis uses R & D development model according to Sugiyono. In this research data collection method used is descriptive qualitative and quantitative. The data collected using data analyst technique is interview, questionnaire and test. Data analyst technique using interview and questionnaire is used to obtain qualitative data about the feasibility of instructional video media used for classroom learning, while data analyst technique using test is used to find out if effective learning video media is used by through test of pretest and posttest.

Based on the analysis of expert material and media expert data, the conclusions can be drawn as follows: (a) the result of the presentation of Expert Material: 87.5% (excellent) and (b) the result of Media Expert percentage: 92.3% (excellent). Through the result of questionnaire of product trial, it can be concluded that: (a) the result of 90.83% individual percentage trial (excellent), (b) small 90% (90%) small group trial result, (c) Try Large Group 89% (excellent). With the results obtained, it can be concluded that the learning video media is categorized very good and feasible to use. Based on the calculation with a significant level of 5% db = N-1 (30-31 = 30), so obtained table 2,042. So count bigger than table that is 9,987 hence difference of result of pre test and post test expressed Effective. Thus the video learning media declared Decent and Effective.

Keywords : Development, Learning Video, Hand Care.

Published
2018-06-26
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 15