PENGEMBANGAN MODUL CETAK MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MATERI PENGENALAN APLIKASI EDMODO UNTUK SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • NOVITA SARI
  • MUSTAJI

Abstract

Abstrak

Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan mata pelajaran pengembangan diri. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan implementasi dari pembelajaran berbasis teknologi pada kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mengenai materi edmodo siswa mengalami kesulitan dalam mengingat menu dan fitur yang ada pada edmodo. Hal ini disebabkan kurangnya pendalaman materi pengenalan aplikasi edmodo. Pengenalan aplikasi edmodo memiliki karakteristik materi berupa konsep yang sesuai dengan penggunaan modul sebagai media. Penelitian ini menghasilkan modul Teknologi Informasi dan Komunikasi materi pengenalan aplikasi edmodo untuk kelas VII Sekolah Menengah Pertama dengan tujuan (1) untuk mengetahui kelayakan media modul materi pengenalan aplikasi edmodo (2) untuk mengetahui keefektifan media modul materi pengenalan aplikasi edmodo. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE. Pengumpulan data yaitu dengan angket ahli materi, ahli media, angket uji perseorangan dan kelompok kecil. Hasil penyebaran angket digunakan untuk acuan dalam perbaikan produk. Instrumen butir soal pilihan ganda digunakan sebagai tes kemampuan awal dan akhir siswa sebelum dan setelah menggunakan media.Berdasarkan hasil angket kepada ahli materi, ahli media, uji coba perseorangan dan uji coba kelompok kecil modul yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan hasil presentase kelayakan media 92,04% penilaian ahli materi, 92,5% penilaian ahli media, 97,5% penilaian perseorangan dan 98,75% penilaian uji kelompok kecil. Presentase tersebut dalam kategori sangat baik. Hasil nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kontrol menggunakan analisis uji-t diperoleh thitung = 6,91> ttabel = 2,00 sehingga modul penenalan aplikasi edmodo efektif digunakan dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama.

Kata kunci : Pengembangan, Modul, Edmodo, ADDIE, Layak, Efektif, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Abstract

Information and Communication Technology is a subject of self-development. The subject of Information and Communication Technology is the implementation of technology-based learning in the 2013 curriculum. Based on the results of interviews with teachers about edmodo materials, students have difficulty in recalling the menu and features available in edmodo. This is due to lack of deepening of the introduction of edmodo applications. The introduction of edmodo applications has material characteristics in the form of concepts that correspond to the use of modules as media. This research produces Information and Communication Technology module of edmodo application introduction material for Grade VII of Junior High School with the aim of (1) to know the feasibility of edmodo module material introduction media media module (2) to know effectiveness of edmodo module material introduction media. The development model used is ADDIE. Data collection is by questionnaire material experts, media experts, individual test questionnaires and small groups. The result of questionnaire distribution is used for reference in product improvement. The multiple-choice item item is used as an initial and final ability test for students before and after using the media. Based on the results of questionnaires to material experts, media experts, individual trials and small group experiments modules developed eligible for use in the learning process with media presentability outcomes 92.04% assessment of material experts, 92.5% assessment of media experts, 97, 5% individual assessment and 98.75% small group test assessment. The percentages are in very good category. The result of pre test and post test of experiment and control class using t-test analysis is obtained tcount = 6.91> ttable = 2.00 so that module introduction of edmodo application is effectively used in the subjects of Information and Communication Technology on Grade VII Secondary School First.

Keywords: Development, Module, Edmodo, ADDIE, Eligible, Effective, Information and Communication Technology

Published
2018-06-28
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 43