PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI TATA CARA HAJI UNTUK SISWA KELAS V DI MI AL-HIDAYAH SURABAYA

  • LINTANG NOVELA ROSADA
  • SULISTIOWATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan program Audio visual berbasis videoscribe, dan untuk mengetahui kelayakan media Audio Visual Pada mata pelajaran Fiqih Materi Tata Cara Haji untuk siswa kelas V di MI Al-Hidayah Surabaya. Pengembangan ini menggunakan model R&D oleh Brog & Gall dengan 10 langkah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini analisis deskriptif dan analisis hasil tes menggunakan uji t. Hasil perhitungan pretest dan post test yang menggunakan t-test menyatakan hasil t-hitung sebesar 20,303 sedangkan t-tabel sebesar 2,064 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami perbedaan dan mengalami peningkatan setelah menggunakan media Audio Visual pada mata pelajaran Fiqih materi tata cara haji untuk siswa kelas V di MI Al-Hidayah Surabaya.

Kata Kunci: Pengembangan, media, Audio Visual, Tata Cara Haji

Abstract

This study aims to produce a visual visual program based on videoscribe, and to know the feasibility of Audio Visual media In the subject of Fiqih Material of Hajj Procedure for grade V students in MI Al-Hidayah Surabaya. This development uses R & D model by Brog & Gall with 10 steps. Data collection techniques in this study are, interviews, questionnaires and tests. Data analysis techniques in this study descriptive analysis and analysis of test results using t test. The result of pretest and post test using t-test shows the result of t-count is 20,303 while t-table is 2,064 it can be concluded that student learning outcomes experience difference and experience improvement after using Audio Visual media at subject Fiqih material of procedure of Haji for students of class V in MI Al-Hidayah Surabaya.

Keywords: Development, Media, Audio Visual, Procedures of Hajj


Published
2018-06-28
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 51