PENGEMBANGAN MEDIA MODUL TEMATIK MATERI POKOK GAYA UNTUK SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FALAH GRESIK

  • FATICA BIRLLIANTARI
  • SULISTIOWATI

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yakni hasil kegiatan wawancara dan observasi dengan guru mata pelajaran Tematik. Peneliti mendapati bahwa pada materi pokok gaya mata pelajaran Tematik, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Hal ini karena materi perlu pengulangan dan tidak tersedianya sumber belajar. Akibatnya mempengaruhi pada tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan, yaitu dengan rendahnya nilai ketuntasan yang diperoleh siswa dibawah rata- rata sebanyak 50% dari total keseluruhan siswa yang harus mencapai nilai KKM sebesar 75. Tujuan pengembangan media modul ini dibuat sebagai upaya pemecahan masalah belajar melalui analisis kebutuhaan, sehingga melalui media ini diharapkan dapat meningkatkan ketercapaian suatu tujuan pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa. Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan R&D. Pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap yaitu validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba pada siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus P yang digunakan untuk mengukur persentase, kemudian untuk instrument tes menggunakan rumus Rpbis dan Uji T-tes. Hasil uji validasi kelayakan media permainan berdasarkan hasil perhitungan angket ahli materi adalah 100%, kemudian hasil perhitungan angket ahli media adalah 72,5%. Data hasil uji coba perorangan memperoleh skor 96%, data hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor 96%, dan data hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor 97,5%. Berdasarkan kriteria pada bab III dari uji coba pada siswa media yang dikembangkan dinyatakan layak. Data perolehan uji-t dari pre-test dan post-test diperoleh besar = 19,38 > = 2.03, dapat disimpulkan bahwa peneliti telah berhasil mengembangkan media modul yang efektif untuk materi pokok gaya pada siswa kelas IV di MI Al-Falah Gresik.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Media Modul, Tematik IPA

Abstract

Based on preliminary study result that is result of interview and observation activity with thematic subject teacher. Researchers found that on the subject matter of thematic Thematic style, students have difficulty in understanding the material. This is because the material needs repetition and unavailability of learning resources. As a result, it can affect the achievement of the learning objectives that have been formulated, that is, by the low value of mastery obtained by the students below the average of 50% of the total students who must reach the KKM value of 75. The purpose of media development of this module is made as an effort to solve learning problems through the analysis of needs, so that through this media is expected to increase the achievement of a learning objective and improve student learning outcomes. The development of this medium uses the R & D development model. Implementation of trials carried out several stages of validation of material experts, media experts, and testing on students. Methods of data collection using structured interviews, questionnaires, and tests. The data analysis technique uses the formula P used to measure the percentage, then for the test instrument using the formula of Rpbis and T-test. The result of media validation feasibility test based on the result of questionnaire of material expert is 100%, then the result of questionnaire of media expert is 72,5%. Individual trial results scored 96%, small group trial data scored 96%, and large group trial data scored 97,5%. Based on the criteria in chapter III of trials on students developed media declared eligible. The data of t-test obtained from pre-test and post-test obtained t_hitung = 19,38> t_tabel = 2.03, it can be concluded that the researcher has succeeded in developing an effective module media for the subject matter of style in fourth grade students at MI Al-Falah Gresik.

Keywords: Development Media, Module Media, Thematic Science
Published
2018-07-03
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 7