PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PADA MATERI ACTIONSCRIPT 3.0 UNTUK SISWA KELAS XII MULTIMEDIA DI SMK DR. SOETOMO

  • AFIFFAH AGUSTINA
  • ANDI KRISTANTO

Abstract

Materi actionscript merupakan materi yang harus dipelajari oleh siswa untuk membantu siswa dalam menyelesaikan UKK multimedia. Siswa harus mampu menguasai materi actionscript sebelum praktik pemrograman media. Menurut hasil wawancara dengan guru diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi mengenai actionscript. Hal ini disebabkan oleh media yang digunakan guru kurang menarik sehingga siswa kurang berminat dalam menyimak materi. Media game edukasi memiliki daya tarik yang tinggi sehingga dapat menumbuhkan minat siswa dalam menyimak materi. Penelitian ini menghasilkan media game edukasi pada materi actionscript 3.0 untuk siswa kelas XII multimedia di SMK dengan tujuan (1) Mengetahui kelayakan media game edukasi materi actionscript 3.0. (2) Mengetahui keefektifan media game edukasi materi actionscript 3.0 dalam pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE. Pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur ahli materi, ahli media, angket siswa, dan tes tulis untuk siswa. Dari hasil wawancara terstruktur dengan ahli materi diperoleh hasil rata-rata 98% pada tiap sub variabel. Dari hasil wawancara terstruktur dengan ahli media diperoleh hasil rata-rata 97% pada tiap sub variabel. Dari hasil uji perseorangan diperoleh hasil rata-rata 97% pada tiap sub variabel. Dari hasil uji kelompok kecil diperoleh hasil rata-rata 97% pada tiap sub variabel. Dari uji kelompok besar diperoleh hasil rata-rata 98% pada tiap sub variabel. Persentase tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisa menggunakan uji-t diperoleh thitung = 4,594 > ttabel = 2,048 yaitu terdapat perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media game edukasi layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Published
2018-07-03
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 98