PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS TEKS TRANSAKSIONAL DAN INTERPERSONAL KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PRAMBON KABUPATEN NGANJUK

  • DEFI PUSPITASARI
  • ANDI MARIONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media audio pembelajaran yang layak dan efektif digunakan pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 2 Prambon. Kelayakan media didapat dari review ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media, dan serangkaian uji coba. Sedangkan untuk menilai keefektifan media didapat dari perbandingan hasil pre-test dan post-test pada uji coba lapangan yang dihitung menggunakan rumus t-test.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan pustekkom (Bambang Warsita 2008). Model pengembangan ini dikelompokkan ke dalam tiga tahap besar, yaitu 1) tahap perancangan, terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, penyusunan GBIM, dan penulisan naskah; 2) tahap produksi, terdiri dari persiapan, pelaksanaan, penyelesaian; dan 3) tahap evaluasi, terdiri dari review ahli, evaluasi orang-per orang, evaluasi kelompok kecil dan uji coba lapangan.

Hasil ujicoba kelayakan media audio kepada ahli materi I dan II didapat kategori baik sekali dengan prosentase sebesar 95%, ahli media I dan II didapat kategori baik sekali dengan prosentase sebesar 93,33%, uji coba orang per orang didapat kategori baik sekali dengan prosentase sebesar 90%, uji coba kelompok kecil didapat kategori baik sekali dengan prosentase sebesar 90%, uji coba lapangan didapat kategori baik sekali dengan prosentase sebesar 82,5%. Berdasarkan hasil belajar peserta didik diperoleh yaitu dengan taraf signifikan 5% maka d.b = 32 – 1 = 31, dengan t tabel = 1,679. Karena t hitung = 28,764 > t tabel = 1,679 maka ada perbedaan yang signifikan antara hasil post-test dan pre-test, jadi media audio efektif digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Media audio, listening, teks transaksional dan interpersonal
Published
2018-07-03
Abstract Views: 122
PDF Downloads: 143