PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN KELAS VII SMPN 34 SURABAYA

  • FATHINA ZAHRAA DAGMAR
  • ANDI MARIONO

Abstract

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran
IPA kelas VII SMPN 34 Surabaya. Dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model
pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik Mata pelajaran IPA kelas VII SMPN 34
Surabaya. Peserta didik kelas VII SMPN 34 Surabaya, memiliki beberapa masalah yang ada dalam proses
pembelajarannya, yaitu terdapat 23 peserta didik yang nilainya dibawah KKM dan saat guru menyajikan materi
pembelajaran lebih terpaku pada ketuntasan materi, guru lebih cenderung dengan menggunakan metode
ceramah. Sehingga perlu diterapkan model pembelajaran yang lebih inovatif. Untuk mengatasi kondisi tersebut
perlu dilakukan perubahan khususnya cara mengajar di dalam kelas agar terjadi peningkatan pada keaktifan
peserta didik dan hasil belajar peserta didik kelas VII melalui Model Pembelajaran Discovery Learning.
Pada penelitian ini menggunakan desain True Eksperimental Control group pretest posttest, dengan subyek
penelitian 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi
dan tes. Untuk teknik analisis data menggunakan uji One Way Anova untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Discovery
Learning pada mata pelajaran IPA untuk peserta didik kelas VII SMPN 34 Surabaya. Hal ini dapat dilihat dari
kriteria pengujian hasil pretest dan posttest. Jika > maka Ho ditolak yang berarti signifikan, setelah
dikonsultasikan dengan F tabel kemudian di bandingkan antara Fhitung = 15,4 dengan Ftabel = 3,07 ternyata
> (15,4 > 3,07) maka Ho di tolak yang berarti signifikan.
Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar
Published
2018-07-05
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 48