PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL FLASHCARD DALAM MODEL INKUIRI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI SISWA KELAS VII DI SMP BAHRUL ULUM SURABAYA

  • DIAN NOVI HIDAYAT
  • CITRA FITRI KHOLIDYA

Abstract

Berdasarkan Studi pendahuluan bahwa adanya masalah belajar yang dihadapi oleh siswa kelas VII Smp Bahrul Ulum Surabaya yakni kesulitan dalam memahami materi pokok menyusun kalimat dalam pelajaran bahasa Inggris terjadi karena beberapa faktor salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang tepat yakni model belajar konvensional/ceramah. Selain itu, keterbatasan media yang dimiliki sekolah sebagai sarana untuk menyampaikan materi terkait juga menjadi faktor masalah belajar yang dihadapi oleh siswa. Oleh karena masalah belajar tersebut, tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan tidak dapat tercapai. Dibuktikan dari hasil pretest yang telah dilakukan dengan kriteria ketuntasan minimum/KKM 75, dari 30 siswa 21 diantaranya tidak dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimum.

Pengembangan media visual flashcard ini telah melalui proses need assessment sebagai upaya untuk memecahkan masalah belajar. Setelah menggunakan media flashcard ini diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat dan tujuan pada salah satu kompetensi dasar mata pelajaran bahasa inggris di jenjang kelas VII sekolah menengah pertama ini dapat tercapai. Media dikembangkan dengan menggunakan metode pengembangan Research and Development (RnD) yang menurut Sugiyono(2010:408) ada 10 tahap yang harus dilalui yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4)validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi Desain, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk (10) produksi masal.

Setelah melalui uji validasi kelayakan media dengan menggunakan instrumen angket kepada ahli materi dan ahli media. Perhitungan angket kelayakan materi oleh ahli materi media flashcard mendapat skor sebesar 90% sedangkan pehitungan angket validasi media oleh ahli media mendapat skor sebesar 92,5%. Sedangkan melalui uji coba perorangan, media mendapat skor 90%, pada pengujian kelompok kecil mendapat skor 90% dan kelompok besar sebesar 92,6%. Dengan skor tersebut, maka media dapat dikatakan layak sesuai dengan kriteria yang dapat dilihat pada bab III. Sedangkan pengolahan data pretest dan post-test memperoleh thitung sebesar 15,11 > dari Ttabel = 2,05. Berdasarkan hasil tersebut, maka media visual flashcard efektif untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Smp Bahrul Ulum Surabaya.

Published
2018-07-05
Abstract Views: 149
PDF Downloads: 480