PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PKN SMK NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK

  • ALFIANTO MUGI RAHARJO
  • LAMIJAN HADI SUSARNO

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN siswa kelas X di SMK Negeri 1 Driyorejo Gresik, serta untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN siswa kelas X di SMK Negeri 1 Driyorejo Gresik Penelitian ini menggunakan metode true experiment. Menurut Fraenkel (2009:264) true experiment design merupakan jenis– jenis eksperimen yang dianggap sudah baik karena sudah memenuhi persyaratan. Subyek penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah 2 kelas eksperimen dan 1 kelas control. Pada kelas eksperimen akan diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), sedangkan pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Data diambil melalui observasi dan angket yang telah divalidasi.

Hasil data observasi guru didapatkan hasil 0,9333, kategori baik dan hasil dari data observasi siswa adalah 0,86, kategori baik. Sedangkan hasil analisi uji anova one-way adalah 3,83 lalu pada f tabel adalah 3,10, artinya f hitung lebih besar daripada f tabel atau 3,83>3,10 sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil data yang didapat dari observasi guru, siswa dan hasil data angket motivasi belajar, bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PKN di SMK Negeri 1 Driyorejo Gresik.

Kata Kunci: teams games tournament (TGT), motivasi belajar siswa, mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Published
2018-07-06
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 70