PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI WOODEN ART MANNEQUIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKETSA DAN GAMBAR MATERI PROPORSI GAMBAR TUBUH MANUSIA PADA SISWA KELAS X SMK JURUSAN ANIMASI

  • ERWIN CATUR ANDIKA
  • RUSIJONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media Wooden Art Mannequin pada materi menggambar tubuh manusia yang proporsional, dan juga untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media Wooden Art Mannequin di materi tersebut. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-test post-test control group design. Penelitian ini memiliki pembagian subjek sebagai berikut; Kelas X Animasi 2 SMKN 12 Surabaya dan Kelas X Animasi 1 SMKN 2 Surabaya sebagai kelompok kontrol, lalu Kelas X Animasi 1 SMKN 12 Surabaya dan Kelas X Animasi SMK Unitomo sebagai, kelompok eksperimen, yang tiap kelasnya diambil sampel sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan tes. Dari analisis data wawancara kepada dua ahli media, didapati prosentase kelayakan sebesar 93,33%, yang artinya media Wooden Art Mannequin termasuk dalam kategori sangat baik dan layak untuk digunakan di materi dan jenjang tersebut. Pada analisis hasil tes menggunakan uji T, didapati hasil pretest tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan eksperimen, sedangkan pada uji T di hasil post-test terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan eksperimennya, dilihat dari signifikasi 2 sisinya yang kurang dari 5% (0,000 < 0,05), selain itu pada post-test kelompok eksperimen memiliki mean lebih tinggi dengan selisih sebesar 13,8 dibanding kelompok kontrol. Dengan hasil tersebut membuktikan, penggunaan Wooden Art Mannequin meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggambar tubuh manusia yang proporsional lebih tinggi daripada pembelajaran dengan cara yang biasa atau menggunakan contoh gambar.

Kata Kunci : Pemanfaatan, Wooden Art Mannequin, Menggambar Tubuh Proporsional, Animasi.

Published
2018-07-06
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 29