Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Keaktifan Siswa Mata Pelajaran KImia Materi Hidrokarbon Kelas X SMKN di Trenggalek

  • LIA STEVANI INAMAS PERTIWI
  • BACHTIAR SYAIFUL BACHRI

Abstract

Abstrak

Keaktifan siswa sangat penting dalam proses pembelajaran terutama pada sekolah kejuruan. Berdasarkan studi pendahuluan di SMK terhadap guru mata pelajaran Kimia, bahwa keaktifan siswa kelas X masih rendah. Hal tersebut dapat diidentifikasi ketika guru menjelaskan materi pelajaran siswa berbicara sendiri, kurang interaksi antar siswa, dan diam ketika berdiskusi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Dengan menggunakan analisis data uji One-Way Anova. Lembar observasi keaktifan siswa digunakan untuk mengamati keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan analisis yang diperoleh pada observasi pembelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran Kimia materi Hidrokarbon dikategorikan “sangat baik”. Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran Kimia materi Hidrokarbon dengan menggunakan uji One-way Anova dengan bahwa fhitung memperoleh hasil yang lebih besar dari ttabel. Pertemuan 1 diperoleh fhitung 71,70 dan fhitung 72,96. Pertemuan 2, diperoleh data fhitung 112,25 dan Fhitung 95,64. Dibandingkan dengan Ftabel 3,98. Karena fhitung lebih besar dari ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti adanya pengaruh signifikan terhadap keaktifan siswa antara pertemuan pertama dan pertemuan kedua karena adanya perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Think Pair Share, Kimia, Keaktifan


Abstract

Activeness is very important for student in processes learning especially on vocational school. Based on study in vocational school to learn Chemical subject, that activeness student class X still low. That thing gets to be identified while teacher explain the lesson, student speak themselves, less interaction between another student, and silents while gets discussion. Observational type that utilized is observational quantitative. This observational subject utilize experiment class and control class. Data collecting tech utilizes to methodic observation. By use of analysis data tests One Way Anova. Activness observation sheet student is utilized to observe activeness student up to learning process. Based on analysis that acquired on learning observation, therefore gets to be concluded that utilization of cooperatif learning model type think pair share on materials Chemical subject category Hydrocarbon in learning process is “very good ”. Analysis result afters data given by conduct use cooperatif learning model type think pair share on Chemical materials Hydrocarbon use One way Anova with f count getting greater result of t table. Appointment 1 acquired f count 71,70 and fcount 72,96. Appointment 2, gotten by data f count 112,25 and fcount 95,64. As compared to f table 3,98. Since f count are even greater of f table therefore Ho is refused and Ha is accepted, one that matter marks sense significant influence to activeness student among first meet and second appointment because marks sense conduct by use of cooperatif learning model type Think Pair Share (TPS)

Keywords: Learning Model, Think Pair Share, Chemistry, Activeness

Published
2018-07-09
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 44