PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MATERI KEUNGGULAN SUMBER DAYA ALAM ANTAR REGION DI INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS HASAN MUCHYI KABUPATEN KEDIRI

  • SUKRUN NIMAH
  • SUTRISNO WIDODO

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi di lapangan dan wawancara pada tanggal 25 September pada guru mata pelajaran IPS bahwa sebagian besar hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Hasan Muchyi masih rendah yang di sebabkan oleh Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran , siswa kurang tertarik pada materi yang diajarkan. Media video animasi pembelajaran materi pokok keunggulan Sumber Daya Alam antar Region di Indonesia merupakan salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pemanfaatan media video animasi pembelajaran materi keunggulan Sumber Daya Alam Antar Region di Indonesia dalam proses pembelajaran , serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar setelah menggunakan media Video tersebut, subyek penelitian siswa kelas VIII MTs Hasan Muchyi Kabupaten Kediri.

Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif .Subyek penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kontrol pada siswa kelas VIII MTs Hasan Muchyi di kabupaten Kediri yang berjumlah keseluruhan 91 Siswa diambil secara random.Teknik Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Dengan menggunakan teknik Analisis Data Uji One-Way Anava. Instrumen soal tes berfungsi untuk mengukur hasil belajar siswa dan instrumen lembar pedoman observasi digunakan untuk mengamati proses pemanfaatan medi video animasi.

Berdasarkan analisis yang diperoleh pada observasi guru dan siswa di kelas Maka dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan proses pemanfaatan media video animasi pembelajaran materi pokok keunggulan Sumber Daya Alam antar Region di Indonesia dikategorikan “ sangat baik”. Sedangkan Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media video animasi Pembelajaran materi pokok keunggulan sumber daya alam antar region di indonesiaPada kelas eksperimen dan kelas kontrol pos-tes hasil uji One-WayAnavadengan Fhitung = 25,788 dan Ftabel = 2,32 karena harga Fhitung lebih besar dari pada harga Ftabel(25,788> 2,32) maka Ho ditolak dan Ha diterima menunjukan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah pemberian perlakuan pada setiap sampel. Dengan demikian media Video Animasi Pembelajaran materi pokok keunggulan Sumber Daya Alam antar Region di Idonesia dapat meningkatkan hasil belajar

Kata Kunci : Pemanfaatan,Media Video Animasi Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Based on the observation and interview held on September 25th towards a social science teacher, thestudent’s result in learning of eight grades MTs HasanMuchyi were still low. It was caused by the student’s lack understanding and less interest on the lesson that had been taught. A mediumof animated educational video under the topic The Superiority of Nature Resources between Regions in Indonesia was used to overcome the student’s problem.

The aims of the research was to find out the process of using animated educational video of The Superiority of Nature Resources between Regions in Indonesia in learning, also to find out the significant differences on student’s result after using the medium. The participants of this research were the students of eight grade of MTs HasanMuchyi in Kediri Regency.

Quantitative approach was used as the research method which was designed using True Experimental Design including experimental group, control group, pre-test and post-test. The participants were divided into control group and experimental group. The data were collected by using observation and test. Then it was analyzed by using One-Way Anova Test. The task instrument was used to measure the result of student’s understanding while the observation instrument was used to observe the process of conducting the media.

Based on the analysis from teacher and student’ observation, it can be concluded that the use of animated educational video of The Superiority of Nature Resources between Regions in Indonesia is very good. Besides, the result of One-Way Anova test shows that Fcount = 25,788 and Ftable = 2,32, since Fcount is higher than Ftable (25,788>2,32) then Ho is refused and Ha is accepted. This shows that there is a significant different on student’ result after giving the medium for each sample. In conclusion, a medium of animated educational video of The Superiority of Nature Resources between Regions in Indonesia can increases student’s result in learning.

Key word : Using, Medium of Animated Educational Video, Student’s result






Published
2018-07-09
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 49