Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar SIswa Kelas X Multimedia SMKN 6 Surabaya

  • ACHMAD MAARIF
  • CITRA FITRI KHOLIDYA

Abstract

Abstrak Pendidikan merupakan usaha sadar dan berencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara. Kurangnya variasi dalam pemberlajaran menyebabkan hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Acheivement Division(STAD) merupakan salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetauhui proses pelaksanaan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD dalam mata pelajaran matematika materi pokok logika matematika kelas X Multimedia SMKN 6 Surabaya (2) Untuk membuktikan adanya pengaruh dari penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe STAD dalam mata pelajaran matematika materi pokok logika matematika kelas X Multimedia SMKN 6 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Metode pengumpulan data menggunakan Wawancara untuk memperoleh data awal penelitian, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan observasi untuk mengamati aktivitas belajar yang berkaitan dengan proses belajar mengajar. Sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan rumus One Way Anava, dengan prasyarat sebelum melakukan perhitungan Anava terlebih dahulu melakukan perhitungan homogenitas dan normalitas. Berdasarkan hasil analisis data observasi aktivitas belajar dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar yang berkaitan dengan keterlaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil analisis data dari hasil belajar siswa menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Acheivement Division(STAD) dapat meningkatkan hasil belajar, hal tersebut dapat dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan nilai pada kelas Eksperimen 1 (Kelas X SMKN 6 Surabaya) = dari 45 menjadi 85 dan pada kelas Eksperimen 2 (Kelas X SMKN 6 Surabaya) = siswa mengalami peningkatan nilai dari 40 menjadi 80. Dan adanya hasil uji One- way Anava t hitung memperoleh hasil yang lebih besar dari t tabel yaitu (8.54>3.10) demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Student Teams Acheivement Division(STAD), Matematika, Logika Matematika, Hasil Belajar

Abstract Education is a conscious effort and plans to create an atmosphere of learning and learning process so that learners actively develop their potential to have spiritual spiritual strength, self-control, personality, intelligence, noble character, as well as skills needed him, society nation and state. Lack of variation in learning causes less than maximum learning outcomes of learners. Cooperative learning model type Student Teams Acheivement Division (STAD) is one alternative that can be used to overcome the problem. The purpose of this research is (1) To know a process of learning model of cooperative learning type Student Teams Acheivement Division (STAD) in mathematics subject matter of mathematics basic class of match logic at class Multimedia ten grade SMKN 6 Surabaya(2) to prove the influence of the application of the learning model cooperative learning type Student Teams Acheivement Division (STAD) in mathematics subject of match logic at class Multimedia ten grade SMKN 6 Surabaya This type of research is Quasi Eksperiment. Methods of data collection using Interview to obtain preliminary research data, tests to determine student learning outcomes and observation to observe learning activities related to teaching and learning process. While to test the hypothesis used One Way Anava formula, with requirement before performing calculations Anava first do the calculation of homogeneity and normality. Based on the results of data analysis observation of learning activities can be concluded that learning activities related to the implementation of learning included in either category. While the results of data analysis of student learning outcomes show that the type of cooperative learning Student Teams Acheivement Division (STAD) can improve learning outcomes, it can be proved by average student learning outcomes experienced an increase in grade at first experiment class (ten Class SMKN 6 Surabaya ) = from 45 to 85 and in the two experiment class (ten Class SMKN 6 Surabaya) = students experience an increase in value from 40 to 80, this is also evidenced by the results of One-way Anova test calculated to obtain results greater than f table namely f arithmetic ten class SMKN 6 Surabaya. The result of One-way Anava f count test get bigger result from f table that is (8.54> 3.10) so it can be said that type of cooperative learning in Student Teams Acheivement Division ( STAD ) can be improve learning result. Keyword: Learning model,Student Teams Acheivement Divison (STAD),mathematical ,mathematical logic, learning outcomes.
Published
2018-07-09
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 22