PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP BAHRUL ULUM SURABAYA

  • AINUN NISA YULIHAH
  • CITRA FITRI KHOLIDYA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran Matematika kelas VIII materi Persamaan Linier 2 Variabel di SMP Bahrul Ulum Surabaya. (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi Persamaan Linier 2 Variabel di SMP Bahrul Ulum Surabaya. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengamati aktivitas belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan rumus Koefisien Kesepakatan dan Uji One-way Anava. Berdasarkan hasil analisis data dari observasi aktivitas belajar dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar yang berkaitan dengan keterlaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik. Sedangkan hasil analisis data dari hasil belajar siswa menunjukkan bawa model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil uji One-way Anava Fhitung 46,500 > Ftabel 3,09 dengan demikian dapat dikatakan bawa model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci :Model Pembelajaran, TAI (Team Assisted Individualization)
Published
2018-07-11
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 7