PENGEMBANGAN MEDIA MODUL MATERI POKOK SIMULASI VISUAL MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA 1 DI SMKN 1 BANGKALAN

  • DWI WIDIYASARI
  • RUSIJONO

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan dan keefektifan media modul yang dikembangkan pada peserta didik kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMKN 1 Bangkalan. Media modul dikemas dalam bentuk cetak dengan ukuran A5 didalamnya memuat tujuan pembelajaran, materi yang luwes, rangkuman materi, bahkan soal-soal evaluasi disetiap kegiatan belajar, sehingga siswa dapat lebih aktif belajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMKN 1 Bangkalan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R&D. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Pada uji validitas item soal dinyatakan valid sedangkan uji reliabilitas dinyatakan reliabel. Data yang dianalisis bersifat homogen dan berdistribusi normal.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Modul yang dikembangkan dengan materi pokok simulasi visual dikatakan layak dari aspek materi maupun media. Pada ahli materi, setelah dilakukan revisi dua kali dikategorikan sangat baik dengan presentase 100% sedangkan ahli media dikategorikan sangat baik dengan presentase 93%. 2) Hasil uji coba yang dilakukan secara perseorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar menunjukkan bahwa media modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan dua analisis diatas dapat disimpulkan bahwa media modul yang dikembangkan layak digunakan. Uji t hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (thitung = 10,96 > ttabel = 2,000). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media modul yang dikembangkan materi pokok simulasi visual efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMKN 1 Bangkalan.

Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Simulasi Visual, Hasil Belajar


ABSTRACT

This study aims to determine the feasibility and effectiveness of media modules developed in class X students Accounting and Financial Institutions SMKN 1 Bangkalan. Media module is packed in print form with A5 size in it contains learning objectives, flexible materials, material summary, and even evaluation questions in every learning activity, so students can be more active learning. The subject of this research is the students of class X of Accounting and Financial Institution at SMKN 1 Bangkalan. The development model used is the R&D development model. Methods of data collection using structured interviews, questionnaires, and tests. Data analysis technique using t test formula. In the validity test item question is declared valid while reliability test otherwise reliable. The analyzed data are homogeneous and normally distributed.

The results of data analysis show that: 1) Modules developed with the subject matter of visual simulation is said to be feasible from the material and media aspects. In the material experts, after the revision twice categorized very well with 100% percentage while the media expert is categorized very well with 93% percentage. 2) Individual, small group, and large group experimental results show that the developed module media is included in very good category. Based on the above two analysis can be concluded that the module medium developed feasible use. The result of posttest test of experimental group and control group showed that there was a significant difference between the experimental group and the control group (t = 10,96> ttable = 2,000). So it can be concluded that the media module developed the subject of effective visual simulation to improve student learning outcomes Class X Accounting and Financial Institutions SMKN 1 Bangkalan.

Keywords: Development, Module, Visual Simulation, Learning Outcomes


Published
2018-07-11
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 53