PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERPANGKATAN KELAS V DI MIN 2 LAMONGAN

  • Izzatur Rohmah
  • MUSTAJI

Abstract

Berdasarkan pada hasil observasi dan wawancara kepada guru kelas V khususnya di MIN 2 Lamongan, permasalahan yang terjadi siswa mengalami kesulitan dan masih belummemahami materi pelajaran matematika hal ini dilihat dari nilai ulangan yang belum maksimal, sebagian besar siswa masih menganggap mata pelajaran matematika menjenuhkan dan sulit sehinggasiswa cenderung bermain sendiri.Jika siswa merasa kebingungan, siswa menjadi pasif, dan kurangnya interaksi kerjasama antar sesama siswa.Selain itu gaya belajar yang diberikan oleh guru kurang bervariasi, guru hanya menggunakan metode ceramah yang mana pembelajaran hanya berpusat pada guru.Berdasarkan masalah pembelajaran tersebut, penuli smenerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together.

Dengan menerapkan model pembalajaran kooperatif Numbered Head Together pada mata pelajaran matematika materi perpangkatan di MIN 2 Lamongan bertujuan untuk mengatasi masalah belajar siswa dan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Sintaks dari Numbered Head Together adalah fase 1 penomoran, fase 2 mengajukan pertanyaan, fase 3 berfikir bersama dan fase 4 menjawab.

Dari hasil penelitian di hitung dengan menggunakan rumus iju t denganhasil t yang diperoleh 9,62168 dan d.b = 38, jadi apabila hasil tersebut dikonsultasikan dengan tabel statistik, maka nilai kritik pada ts0,05 = 0.68100. Dalam hal ini t hitung (9,62168) > t tabel (1,68595).Berdasarkan hasil t yang diperoleh t hitung > t tabel (taraf signifikansi 5%), maka dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha di terima. Maka Ada pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika materi perpangkatan di MIN 2 Lamongan.

Kata kunci : Penerapan, Metode Belajar, Numbered Head Together, Matematika


Published
2018-07-12
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 64