PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI POKOK AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 1 JEMUNDO SIDOARJO

  • ARDYAN PRATAMA
  • SUTRISNO WIDODO

Abstract

Media video pembelajaran merupakan aplikasi beberapa media yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian , dan kemauan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Kelayakan media video pembelajaran pada pelajaran Bahasa Jawa materi pokok aksara jawa untuk siswa kelas IV SD Negeri 1 Jemundo, (2) Keefektivan media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Jawa materi pokok aksara jawa untuk siswa kelas IV SD Negeri 1 Jemundo. Spesifikasi produk pengembangan media video pembelajaran aksara jawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa berupa media video animasi pengenalan huruf jawa dan sandangannya yang disertai dengan RPP media video pembelajaran aksara jawa, bahan penyertanya (buku panduan pengajar), dan dikemas dalam CD.
Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Subyek uji coba media video pembelajaran ini, diuji cobakan kepada 2 ahli materi, 2 ahli media, dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Jemundo Sidoarjo dengan jumlah 34 orang, 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen wawancara ahli materi dan ahli media, angket siswa yang terdiri dari uji coba perorangan 3 siswa, uji coba kelompok kecil 6 siswa dan uji coba kelompok besar 34 siswa. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil belajar siswa yaitu dengan one group desain pre-test dan post-test.

Jenis data yang diperoleh dari penelitian pengebangan ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil wawancara dengan ahli materi dan ahli media memperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran ini termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji kelayakan media yang telah dilakukan kepada : (1) uji coba perorangan termasuk dalam kategori baik dengan persentase 79,2%. (2) uji coba kelompok kecil termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 96.2%. (3) uji coba kelompok besar termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 88,5%. Berdasarkan perhitungan hasil belajar dengan taraf signifikan 5% t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 5,044 > 1,684. Maka dari hasil peningkatan tersebut dapat di interpresentasikan bahwa media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Jawa materi pokok aksara Jawa untuk siswa kelas IV SD Negeri 1 Jemundo Sidoarjo dapat meningkatakan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media video pembelajaran, video, aksara jawa




Published
2018-07-16