PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI BAGI SISWA KELAS VIII MTS. NYAI H. ASHFIYAH SURABAYA

  • HUDA HANA LUBIS
  • SULISTIOWATI

Abstract

Abstrak

Beberapa siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi getaran, gelombang, dan bunyi masih mengalami kesulitan dalam memahami materi, Hal ini dikarenakan materi yang lebih menekankan pada perhitungan fisika serta waktu pembelajaran didalam kelas yang singkat degan bobot materi yang banyak. Tujuan pengembangan ini adalah: (1) Untuk menghasilkan media Computer Assisted Instruction mata pelajaran IPA materi getaran, gelombang, dan bunyi digunakan pada siswa kelas VIII MTs Nyai H. Ashfiyah Surabaya. (2) Untuk menghasilkan media Computer Assisted Instruction yang layak mata pelajaran IPA tentang materi getaran, gelombang, dan bunyi pada siswa kelas VIII MTs Nyai H. Ashfiyah Surabaya. (3) Untuk menghasilkan media Computer Assisted Instruction yang efektif mata pelajaran IPA tentang materi getaran, gelombang, dan bunyi pada siswa kelas VIII MTs Nyai H. Ashfiyah Surabaya. Pengembangan pada media Computer Assisted Instruction tentang materi getaran, gelombang, dan bunyi menghasilkan produk media Computer Assisted Instruction yang dikemas dalam compact disk. Selain menghasilkan produk media Computer Assisted Instruction, dihasilkan juga bahan peserta media Computer Assisted Instruction beserta RPP bermedia Computer Assisted Instruction.

Pengembangan ini menggunakan model pengembangan R&D menurut Sugiyono, model pengembangan R&D dipilih karena menunjukkan langkah- langkah untuk menghasilkan produk media Computer Assisted Instruction yang telah diuji dan ditinjau ulang. Subjek uji coba dalam pengembangan media Computer Assisted Instruction adalah 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, dan 33 siswa dengan instrumen pengumpulan data wawancara, angket dan tes.

Hasil uji validasi dua ahli materi yaitu 95%, dan uji validasi pada ahli media yaitu 92%. Kemudian pada hasil uji coba perorangan yaitu 93,3%lalu pada kelompok kecil yaitu 91,6%dan pada uji coba kelompok besar yaitu 96,6%. Hasil data diperoleh menunjukkan media layak digunakan. Hasil tes diperoleh data t hitung memperoleh hasil lebih besar dari t tabel yaitu 18,284 > 2,03 maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan. Sehingga media dapat dikatakan layak dan efektif karena berdasarkan kategori yang ditunjukkan pada uji coba yang dilakukan.

Kata kunci: Pengembangan, Media Computer Assisted Instruction, Ilmu Pengetahuan Alam
Published
2018-07-17
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 13