Pengembangan media audio pembelajaran materi pokok teks fiksi pada mata pelajaran tematik Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Jemundo Taman Sidoarjo

  • ANDREAN
  • SULISTIOWATI

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media audio pembelajaran yang layak dan efektif untuk digunakan pada mata pelajaran tematik Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Jemundo Taman Sidoarjo karena dalam menyampaikan materi guru hanya menggunakan metode ceramah, sedangkan materi yang disajikan mempunyai pembahasan yang banyak dan waktu yang terbatas. Sehingga tidak semua materi dapat tersampaikan dengan baik. Media audio pembelajaran disajikan dengan format feature yang dikemas dalam format compact disk dan flash disk. Penelitian ini mengguakan pendekatan model pengembangan Pustekkom. Tahap pengujian dilakukan terhadap kelayakan produk sebagai media pembelajaran. evaluasi media dilakukan kepada satu orang ahli RPP (rancangan pelaksanaan pembelajaran), satu orang ahli naskah program audio pembelajaran, satu orang ahli materi, satu orang ahli media dan siswa kelas IVA sebagai subjek uji coba untuk mendapatkan masukan dan saran mengenai kelayakan media audio pembelajaran. pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes untuk siswa. Analisis data hasil belajar siswa digunakan evaluasi bentuk tes yaitu pre-test dan post-test dengan membandingkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah memanfaatkan media audio pembelajaran.

Jenis data yang diperoleh adalah berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uevaluasi kelayakan media audio pembelajaran, hasil evaluasi pada ahli rancangan pelaksanaan pembelajaran dengan 83% kategori baik, ahli naskah program audio pembelajaran dengan 80% kategori baik, ahli materi dengan 100% kategori sangat baik, ahli media dengan 78% kategori baik, evaluasi orang perorang dengan 93% kategori sangat baik, dan evaluasi kelompok kecil dengan 94% kategori sangat baik. dapat disimpulkan bahwa media audio pembelajaran dinyatakan sudah layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan untuk hasil tindakan untuk mengetahui keefektifan media audio pembelajaran dari hasil nilai pre-test dan post-test maka analisi data dengan thitung (4,976) > ttabel (2,021), maka dari hasil peningkatan tersebut dapat diinterpresentasikan bahwa media audio pembelajaran pada mata pelajaran tematik Bahasa Indonesia materi pokok teks fiksi untuk siswa kelas IV SD Negeri 1 Jemundo Taman Sidoarjo dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Kata kunci: pengembangan, Media Audio, Teks Fiksi





Published
2018-07-17
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 95