PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL TENTANG FITUR PERANGKAT LUNAK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS DALAM JARINGAN UNTUK SISWA KELAS X SMK

  • JEFFRY ARLANSYAH
  • ALIM SUMARNO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan, mengetahui kelayakan serta mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran untuk mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Surabaya. Pengembangan ini menggunakan model R&D Brog and Gall (1989) dengan 10 langkah yakni: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Ujicoba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Ujicoba Pemakaian, 9) Revisi Produk, 10) Produksi Masal.Jenis data dalam penelitian ini ada dua yaitu kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif yaitu data dari ahli materi yang mendapatkan persentase 92 % yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan ahli media mendapatkan persentase 90 % yang termasuk dalam kategori sangat baik, uji coba perorangan 84 % dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil 83 % dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok besar dengan persentase 94,8 % dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran untuk mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di Smk Negeri 7 Surabaya dinyatakan telah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran agar dapat membantu siswa memahami. Selanjutnya untuk mengetahui hasil kefektifan media video pembelajaran Edmodo , pengembangan menggunakan uji-t dengan Hasil perhitungan Uji T pada data Pretest dan Post test adalah 9,02 dan setelah dikonsultasikan pada T tabel dengan taraf signifikan 0,05 dan db = N – 1 = 30 – 1 = 29 yang memperoleh hasil T tabel sebesar 0,05. Oleh karena T hitung = 9,02 > Ttabel = 0,05 maka media yang telah diproduksi dinyatakan telah efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran EDMODO pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital pada kelas X sekolah SMKN 7 Surabaya.

Kata kunci : Pengembangan, Media, Video, Video Pembelajaran, Edmodo

Abstract

This study aims to produce, determine the feasibility and to know the influence of the use of video learning media for subjects Simulation and Digital Communications Surabaya. This development uses the Brog and Gall R & D (1989) model with 10 steps: 1) Potentials and Problems, 2) Data Collection, 3) Product Design, 4) Design Validation, 5) Design Revision, 6) Product Trial, 7) Product Revision, 8) Usage Trial, 9) Product Revision, 10) Mass Production.Types of data in this study are two qualitative and quantitative, qualitative data is data from material experts who get the percentage of 92% included in the category very good, and media experts get the percentage of 90% included in the category very good, individual test 84% with very good category, 83% small group trial with very good category, large group trial with 94,8% percentage with very good category. It can be concluded that the learning video media for the subject of Simulation and Digital Communications at Smk Negeri 7 Surabaya has been declared as feasible to be used in the learning process.Furthermore, to know the result of effectiveness of Edmodo learning video media, the development of using t-test with result of T test calculation on Pretest and Post test data is 9,02 and after consultation at T table with significant level 0,05 and db = N - 1 = 30 - 1 = 29 which obtained T table result of 0.05. Because T arithmetic = 9.02> Ttabel = 0.05 then the media has been produced otherwise effective and can improve student learning outcomes in learning EDMODO on the subjects of simulation and digital communication in class X SMKN 7 Surabaya school.

Keywords: Development, Media, Video, Video Learning, Edmodo


Published
2018-07-18
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 75