PENGELOLAAN KURIKULUM MENGHAFAL ALQURAN PONDOK PESANTREN MADRASATUL QURAN TEBUIRENG JOMBANG

  • LUXFI RIFANDI
  • LAMIJAN HADI SUSARNO

Abstract

Abstrak

Dalam penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu (1) untuk mengetahui struktur kurikulum menghafal alquran yang dimiliki dan dilaksanakan di Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang. (2) Untuk mengetahui proses berlangsungnya pengelolaan kurikulum menghafal alquran di Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang. (3) Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam menghafal alquran pada Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, obsevasi dan dokumen yang ada dalam lembaga. Hal ini bertujuan untuk menggali informasi berupa kata-kata tertulis baik dari tindakan maupun lisan untuk menunjukan tentang segala sesuatu tentang jalannya proses pengelolaan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dapat ditarik kesimpulan tentang jalannya kurikulum yang ada dan metode yang digunakan.

Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh Struktur kurikulum menghafal al-quran di pondok pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang menggunakan kurikulum yang berkesinambungan atas setiap tingkatnya. anajemen kurikulum dalam pondok pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang telah mengikuti standar pengelolaan kurikulum yang ada akan tetapi belum tersistem secara sistematis. terdapat beberapa metode yang digunakan oleh guru tersebut yaitu metode pembelajaran Talaqi atau pembelajaran langsung dari guru ke santri, lalu ada metode ceramah dimana guru menjelaskan materi yang disampaikan, metode demonstrasi dimana guru mencontohkan dan murid menirukan lalu yang terakhir yaitu metode toriqoh wattadriba li fashohatil Qur an. Dalam pelaksanaan pembelajaran metode-metode tersebut digunakan pada tingkatan binnadhar sedangkan untuk para santri Tahfidz menggunakan metode sorogan dan metode drill.

Kata Kunci: pengelolaan, kurikulum, pesantren.

Abstract

In this research has several purposes that is (1) to know the structure of curriculum memorize the Quran owned and implemented in boarding school Madrasatul Quran Tebuireng Jombang. (2) To know the process of the ongoing curriculum management of memorizing the Quran in boarding school Madrasatul Quran Tebuireng Jombang. (3) To know the method used in memorizing the Quran at boarding school Madrasatul Quran Tebuireng Jombang.

The method used in this research is qualitative method. Data collection used were interview, obsevation and document in institution. It aims to extract information in the form of written words of both action and oral to show about everything about the course of management processes and methods used in learning. By using interview methods, observation and documentation can be drawn conclusions about the course of the existing curriculum and methods used.

Based on the results of data analysis that has been done obtained curriculum structure memorizing al-quran in boarding school Madrasatul Quran Tebuireng Jombang using a continuous curriculum on each level. curriculum management in Madrasatul Quran Tebuireng Jombang boarding school has followed the existing curriculum management standards but has not systematically systemized. there are several methods used by the teacher that is learning method Talaqi or direct learning from teacher to student, then there is method of lecturing where teacher explain material presented, method of demonstration where teacher exemplifies and student to imitate then the last is toriqoh wattadriba li fashohatil Qur an method. In the implementation of learning methods are used at the level binnadhar while for the students Tahfidz using sorogan method and drill method.

Keywords: managing, curriculum, boarding school.
Published
2018-07-19
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 125