PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO TENTANG MARESPON DAN MENGULANG KOSA KATA BERBASIS LAGU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS II SDN SAMBIKEREP 1 SURABAYA

  • NANIK WULANDARI
  • LAMIJAN HADI SUSARNO

Abstract

ABSTAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa inggris pada materi merespon dan mengulang kosa kata melalui lagu pada siswa kelas II SDN Sambikerep 1 Surabaya. Permasalahan yang terjadi di SDN Sambikerep 1 Surabaya pada materi merespon dan mengulang kosa kata yakni pembelajaran kurang maksimal seperti media dan strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik, terkendala juga dengan belum tersedianya media yang sesuai dengan karakteristik materi. Berdasarkan masalah tersebut, pengembang memberikan solusi dengan mengembangkan media audio pembelajaran pada mata pelajaran bahasa inggris kompetensi dasar merespon dan mengulang kosa kata. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media audio pembelajaran.

Metode pengembangan yang digunakan dalam produksi media audio adalah model pengembangan Pustekom Bambang Warsita. Data yang diperoleh dari uji coba produk media audio ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil uji coba kelayakan media audio ahli materi I 90% kategori sangat baik, ahli materi II 80 % kategori baik, ahli media I 90% kategori I sangat baik, ahli materi II 96% kategori sangat baik, uji coba perorangan 92,5% kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil 94,5% kategori sangat baik, hal ini berarti media audio pembelajaran tentang merespon dan mengulang kosa kata sudah layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris materi merespon dan mengulang kosa kata.

Hasil tes tindakan untuk mengetahui keefektifan media audio pembelajaran pengembang mengunakan uji tanda yang dihasilkan berdasarkan perhitungan dengan taraf signifikan diperoleh t table 2000 dan t hitung 2,142. Hal ini menunjukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada saat sebelum dan sesudah diberikan Media Audio Pembelajaran untuk siswa kelas V SDN Sambikerep I Surabaya.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Audio, Merespon dan Mengulang Kosa Kata, Bahasa Ingris

Published
2018-07-19
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 66