PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 34 SURABAYA

  • RIZKI MUANAZAH
  • CITRA FITRI KHOLIDYA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian yaitu untuk Mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial IPS pada Kelas VIII SMP Negeri 34 Surabaya. Pada Siswa kelas VIII SMPN 34 Surabaya, memiliki beberapa masalah yang ada dalam proses pembelajaran yakni, 1) kerja sama antara siswa dengan siswa masih kurang dalam proses pembelajaran.2) sekitar 15 siswa yang yang tidak perduli terhadap guru pada saat penjelasan materi berlangsung Dan menjadikan siswa cenderung kurang tanggap terhadap suatu materi yang di sajikan. 3) ada sekitar 5 siswa yang bermain ponsel pada saat proses pembelajaran berlangsung. 4)Di samping itu guru menyajikan materi pembelajaran lebih bertumpu pada ketuntasan materi dan hanya menguunakan metode ceramah saja, bukan menitik beratkan pada kebermaknaan pada siswa. Untuk mengatasi kondisi tersebut perlu dilakukan perubahan khususnya cara mengajar di dalam kelas agar terjadi peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. bentuk desain eksperimen yang dapat digunakan yaitu, Pre-Eksperimental Design dan True-Eksperimental Design. Desain yang di gunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi grup design pre-test dan post-test. Karena dalam penelitian ini mempuyai tiga grup, sehingga peneliti mengambil data dari 3 kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dan hasil yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS pada mata pelajaran IPS untuk siswa kelas VIII SMPN 34 Surabaya. Untuk kelas kontrol menggunakan metode ceramah yang biasa diterapkan oleh guru dalam keseharian dan untuk kela eksperimen diterapkan model pembelajaran tipe TPS oleh peneliti. Hal ini dapat dilihat dari kriteria pengujian hasil pre-test dan post-test. Jika Fhitung > Ftabel maka tolak Ho berarti signifikan, setelah dikonsultasikan dengan tabel F kemudian di bandingkan antara Fhitung =21,01 dengan Ftabel = 5,84 ternyata Fhitung>Ftabel, atau 21,01 >5,84 maka tolak Ho berarti signifikan.

Kata kunci : Think Pair Share, Hasil belajar siswa.

Published
2018-07-19
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 11