PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN UNTUK MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII MTs. MIFTAHUL ULUM JARAK KULON - JOMBANG

  • HIKMATUN NURIS SHOBAH
  • LAMIJAN HADI SUSARNO

Abstract

Abstrak

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, ditemukan suatu permasalahan yaitu terbatasnya fasilitas pembelajaran di sekolah dalam hal media pembelajaran yang akhirnya secara tidak langsung berdampak pada siswa, terbukti dari hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran IPA terkait hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah dari tahun-tahun sebelumnya yang sebagaian besar belum memenuhi kriteria ketuntasan minima, padahal guru telah memanfatakan media gambar dalam pembelajaran tersebut. Sehingga tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah; 1) mengetahui kelayakan media video animasi pembelajaran materi sistem peredaran darah, dan 2) mengetahui efektifitas penggunaan media video animasi pembelajaran materi sistem peredaran darah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media adalah angket, sedangkan untuk mengetahui keefektifan media digunakan instrumen tes dengan uji-T Control Group Pre-test Post-test sebagai teknik analisis datanya. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Miftahul Ulum dengan kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 seagai kelas kontrol. Adapun hasil dari penelitian adalah; 1) berdasarkan validasi dengan ahli materi 96,87%, ahli media diperoleh 88,54% dan uji coba dengan siswa 89,5%, sehingga media berada dalam kategori sangat baik atau dapat dinyatakan layak digunakan, 2) berdasarkan uji lapangan diperoleh thitung=10,443> ttabel=2,048, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dengan kelas eksperimen sehingga media dapat dinyatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Video Animasi Pembelajaran, Sistem Peredaran Darah, Hasil Belajar

Abstract

Depend on preliminary studies which have been conducted by researcher, have found the problems. It is limited learning facilities in the school, eventually causing student’s learning activities. it has proven, based on interview with the teacher who teaches natural science subject found that student’s learning results of bloodstream system from the previous years were globally failed to reach the learning aims. So, aims of this study are as follows; 1) to find out feasibilities of the learning animated video media of the bloodstream system and 2) to find out effectiveness on the use of the learning animated video media of the bloodstream system. The study is classified as research and development which use the ADDIE development model (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Researcher use interview instruments and questionnaires to know appropriateness of the media, then analyzed the results of it in to the precentage value. While to know effectiveness the use of learning media is use test instruments and t-test as the formula to analyzed the results of its test. The participants of this research were the students of eight grade of MTs. Miftahul Ulum which classified into two class, VIII2 as experiment class and VIII3 as control class. The results of the study are as follows; 1) based on the validity which conducted with material specialist, researcher got 96,87%, then 88,54% from media specialist and 89,5% from students, so its results are included to very good category, or the learning media can be declared as the appropriate media to use for learning activities. Then 2) based on the results of the field test which use test instruments get tcount=10,443> ttable=2,048. It means that there is difference significance between control class and experiment class. It showed that the learning media is effective to use for learning activities.

Keywords: Development, Learning Animated Video Media, Bloodstream System, Student’s Result








Published
2018-07-20
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 11