PENGEMBANGAN MEDIA CAI (Computer Assisted Instruction) UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SIDOARJO

  • DIAN ALFINA RAHMAWATI
  • FAJAR ARIANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media CAI pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk siswa kelas VIII SMPN 2 Sidoarjo, serta layak dan efektif bagi proses belajar siswa. Model yang digunakan dalam pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan CAI yaitu menggunakan model ADDIE.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan model membandingkan kelompok eksperimen dan kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji kelayakan media CAI hasil pengembangan pada uji coba ahli materi I dan II mendapatkan presentase sebesar 97,5% termasuk dalam kategori sangat baik. Ahli media I dan II mendapat presentase sebesar 94% termasuk dalam kategori sangat baik. Uji coba perseorangan 95,8% termasuk dalam kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan presentase 92,5% termasuk dalam kategori sangat baik, dan uji coba kelompok besar dengan presentase 90,9% termasuk dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media CAI dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada perubahan nilai sebelum dan sesudah menggunakan media CAI pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia, sehingga dapat disimpulkan bahwa media CAI efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Media CAI, Ilmu Pengetahuan Alam, Efektivitas media

Abstract

The purposes of this research develop the media CAI on the subjects of Natural Sciences for students of grade VIII SMPN 2 Sidoarjo, as well as decent and effective for student learning process. The development model used in media CAI is using ADDIE model (Analysis, Design, Development, Evaluation).

The research is kind of development with the model research that compare between eksperimental group and control group. Data collection method that be used is observation, questionnaire, test, and documentation. The data will be both qualitative and quantitative data. The resut of eligibility test of media CAI from material experts I and II got 97,5% is in very good category, media expert I and II got 94% is in very good category. Individual test got 95,8%is in very good, small group test 92,5% is in very good category, and bigger group test got 90,9% is in very good category. So it can be conclude that media CAI as subject of natural sciences has been qualified to be used in teaching learning process.

From the result of data analysis above, it is known that there are differences between before and after using media CAI as subject of natural sciences subject matter digestive system in humans, so it can be concluded that CAI media is effective used in learning process

Keywords: Development, CAI, Natural Sciences. Media Effectiveness






Published
2018-07-23
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 30