Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Materi Perkakas Tangan Pada Siswa Kelas X TPM di SMK Negeri 1 Driyorejo

  • MUHAMMAD KARTIKA DEWANTORO
  • BACHTIAR SYAIFUL BACHRI

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran mobile learning perkakas tangan untuk kelas X SMA, mengukur kelayakan, dan mengetahui keefektifan media pembelajaran mobile learning dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan ini menggunakan model R & D yang menghasilkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari review ahli materi menunjukkan presentase 100% (sangat baik), review ahli media segi edukatif 100% (sangat baik) dan segi kualitas teknis 93.75% (sangat baik), review angket uji coba perorangan 97.77% (sangat baik), review angket uji coba kelompok kecil 100% (sangat baik), hasil uji coba kelompok besar 83,62% (sangat baik). Begitu pula dengan hasil uji t. Dengan db=N-1 = 35-1= 34 dengan taraf kesalahan 5% (0,05) diperoleh t tabel 2.03 dengan T hitung 47.67, t hitung lebih besar dari t table 47.67>2.03 , sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembang telah berhasil menghasilkan media pembelajaran mobile learning untuk siswa kelas X TPM di SMK Negeri 1 Driyorejo, media yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Pemesinan materi Perkakas tangan pada siswa kelas X TPM di SMK Negeri 1 Driyorejo

Kata Kunci : Pengembangan, mobile learning, Teknik Pemesinan, Perkakas tangan.


Published
2018-07-24
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 194