Pengembangan Media E-modul tentang Jenis-jenis Kamera dan Alat Bantu FOtografi pada Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital untuk Kelas XI Multimedia di SMKN 3 Surabaya

  • FARIZ AFRILIANZAH AKBAR
  • MUSTAJI

Abstract

Abstrak

Berdasarkan studi awal dan observasi yang dilakukan peneliti di di SMK Negeri 3 Surabaya. diperoleh informasi bahwa ada 70% dari 40 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM mata pelajaran komposisi foto. Hal ini dikarenakan Berdasarkan hasil studi pendahuluan di XI di SMK Negeri 3 Surabaya, kondisi nyata yang peneliti temukan di lapangan sesuai observasi dan wawancara yaitu siswa kesulitan dalam memahami tentang materi tentang jenis kamera dan alat bantu foto digital. Pada saat wawancara dengan siswa, siswa hanya mengerti tentang kamera dan beberapa jenis kamera dan bagian-bagiannya saja. Dikarenakan saat proses pembelajaran cara penyampaian guru dirasa sangat cepat, pembelajaran untuk menyampaikan materi yang banyak dan jam pelajaran yang terbatas sehingga siswa ada yang ketinggalan materi dan ada yang dapat mengikuti materi yang telah di sampaikan guru, Sehingga materi pelajaran tidak tersampaikan semua. Adapun tujuan dari penelitian ini agar mengetahui penggunaan media modul elektronik layak digunakan dan mengetahui penggunaan media modul elektronik efektif digunakan pada kelas XI di SMK Negeri 3 Surabaya.

Tujuan dari penelitian adalah (1) mengembangkan media e-modul tentang jenis kamera dan alat bantu foto digital dengan (2)menguji kelayakan aplikasi modul elektronik dalam pembelajran, memeliki tujuan (3) untuk mengetahui keefektifan media modul elektronik untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran komposisi foto digital tentang jenis kamera dan alat bantu foto digital kelas XI di SMK Negeri 3 Surabaya.

Dengan menggunakan model pengembangan R&D Borg and Gall dengan menggunakan 10 tahapan. Uji coba dilakukan dengan melaksanakan beberapa tahap yaitu dengan melibatkan : review ahli materi, review ahli media, uji coba perseorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Pada teknik pengumpulan data digunakan wawancara terstruktur, angket dan tes. Hasil uji coba terhadap dua ahli materi dan dua ahli media menujukkan kualifikasi sangat baik. Pada hasil uji coba perseorangan menunjukkan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil menunjukkan kualifikasi baik dan uji coba kelompok besar menunjukkan kualifikasi sangat baik. Berikut merupakan hasil pre-test dan post-tes adalah 12,03>2,093. Media e-modul dapat meningkatkan hasil belajar dengan melihat hasil post-test lebih besar dari pre-test dapat dilihat hasil yang signifikan dengan perhitungan thitung lebih besar dari ttabel.

Dengan demikian dapat disumpulkan bahwa media e-modul tentang jenis kamera dan alat bantu fotografi layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar yang digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Modul electronik, R&D, Komposisi Foto Digital






Published
2018-07-24
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 65