PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO BERBASIS PODCAST MATERI STORY TELLING MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK SMK KRIAN 1 SIDOARJO

  • JAINUL DEDI ABIDIN
  • SUTRISNO WIDODO

Abstract

Latar belakang peniliti melakukan penelitian ini ialah adanya kesenjangan antara kondisi ideal dengan kondisi riil. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan produk media audio berbasis podcast yang layak dan efektif sesuai kebutuhan siswa.(2) mengetahui kelayakan media audio berbasis podcast materi storytelling.(3) mengetahui keefektivitasan media audio berbasis podcast materi storytelling. Rumusan penelitian ini adalah (1) diperlukan pengembangan media audio berbasis podcast yang layak dan efektif sesuai kebutuhan siswa, (2) diperlukan uji kelayakan media audio berbasis podcast materi storytelling, (3) diperlukan uji efektivitas media audio berbasis podcast materi storytelling. Spesifikasi produk yang dikembangkan berupa media podcast yang dikemas dalam format mp3 dan diunggah dalam google drive, disertai dengan bahan penyerta untuk spesifikasi produk, cara penggunaan, cara perawatan, dan RPP. Model Pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R&D (Borg & Gall dalam Sugiyono , 2014:298). Subjek penelitian ini, yaitu 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, 3 siswa untuk uji coba perseorangan, 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 20 siswa untuk uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar wawancara untuk mengetahui kelayakan media, dan instrumen tes pilihan ganda untuk mengetahui keefektifan media. Dalam melakukan analisis data digunakan rumus persentase untuk mengetahui kelayakan media dan rumus uji-t digunakan untuk mengetahui keefektifan media. Hasil analisis data oleh ahli materi I dan II diperoleh presentase sebesar 93,75% (baik sekali), pada ahli media I dan II diperoleh hasil presentase sebesar 94,44% (baik sekali). Pada uji coba perseorangan diperoleh hasil data presentase sebesar 100% (baik sekali), uji coba kelompok kecil diperoleh hasil data presentase sebesar 100% (baik sekali) dan pada uji coba kelompok besar diperoleh hasil data presentase sebesar 100% (baik sekali). maka dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan tergolong kriteria sangat baik. Dari hasil uji lapangan mendapat hasil thitung = 10,303 > ttabel = 2,10092. yaitu terdapat perbedaan yang signifikan pada penghitungan post-test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini media layak dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, Media Podcast, Storytelling



The underlying problem of this research is a gap between ideal condition and real condition. The aims of this research are (1) producing product media podcast which worthly and effectively by need assesment, (2) knowing feasibility of media podcast subject storytelling, (3) knowing effectiveness of media podcast subject storytelling. The wording of problems are (1) needed developing of media podcast which worthly and effectively by need assesment, (2) needed feasibility test of media podcast subject storytelling, (3) needed effectiveness of media podcast subject storytelling. The product specification is a media podcast packed in mp3 then uploading in google drive, with the companin consist of how to using the product, the maintenance and also lesson plan. The model of development is Development and Research (Borg & Gall dalam Sugiono , 2014:298). Meanwhile the subject for the research are 2 persons media expert, 2 persons subject expert, 3 students for individual test, 9 students for small group test, and 20 students for big group test. The technic data analyze are interviews to knowing feasibility media, and multiple choice measuring for efffectivity. In the measurements of data analyze using presentage formula to measure feasilibilty media and t-test formula measure for effectivity media. The result of data analyzing by 1st and 2nd subject expert is 93,75%, (very good), on the 1st and 2nd media expert is 94,44% (very good), individual group is 100% (very good), small group is 100% (very good), big group is 100% (very good), so can be said that media is included in very good category, on the field test knowing thitung = 10,303 > ttabel = 2,10092, so there is significant difference on the measurement between post test and pre test among control class and experiment class, then can be conclused if on this research the media is worthly and effective for using on the learning activity. Keywords: Development, media podcast, storytelling.












Published
2018-07-24
Abstract Views: 492
PDF Downloads: 937