PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MATA PELAJARAN PEWARNAAN RAMBUT MATERI PEMUDAAN DAN PENGHILANGAN WARNA RAMBUT PADA SISWA KELAS XI DI SMKN 1 BUDURAN

  • WINDI SEPTI PERMATASARI
  • ALIM SUMARNO

Abstract

ABSTRAK

Tujuan pengembangan media ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa Media Video sebagai media pembelajaran pada Mata Pelajaran Pewarnaan Rambut Materi Pemudaan dan Penghilangan Warna Rambut untuk meningkatkan hasil belajar Siswa.Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah perhitungan PSA (Perhitungan Setiap Aspek) dan teknik uji-t untuk tes. Metode penumpulan data yang digunakan adalah, wawancara untuk memvalidasi ahli desain pembelajaran, materi dan media kepada para ahli, dokumentasi berupa data-data kurikulum dan data kegiatan pelaksanaan penelitian dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah belajar menggunakan media video. Sedangkan untuk mengetahui dari kelayakan media dilakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.

Dari semua aspek reviewer ahli media mendapatkan prosentase sebanyak 95,45% termasuk dalam kategori sangat baik. Aspek reviewer ahli materi mendapatkan prosentase nilai sebanyak 95,83%. Prosentase tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Data yang didapat pada uji coba perorangan sebanyak 3 siswa, bahwa dari semua aspek angket untuk siswa mendapatkan prosentase nilai sebanyak 90%. Sedangkan data yang didapat pada uji coba kelompok kecil sebanyak 6 siswa, bahwa dari semua aspek angket untuk siswa mendapatkan prosentase nilai sebanyak 82,68%. Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran video pengembang menggunakan uji-t dengan d.b = N-1 = 30-1=29 dengan taraf kesalahan 5% (0,05), kemudian diperoleh ttabel: 0,361 dan t-hitung 10,066. Jadi thitung lebih besar dari t-tabel yaitu 10,066 > 0,361. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam menggunakan media pembelajaran video pada siswa kelas XI SMKN 1 Buduran siswa mengalami peningkatan hasil belajar secara signifikan pada materi pemudaan dan penghilangan warna rambut.

Kata Kunci : Pengembangan, Video Pembelajaran, Pewarnaan rambut.

ABSTRACT

Purpose the of this study / research is to produce a product in the form of Media Video as a medium of learning on the Subject of Hair Coloring of Youth Material and Hair Color Elimination to improve Students learning outcomes. The development model used is the Research and Development (R & D) development model. Data collection techniques used are the calculation of PSA (Calculation of Each Aspect) and t-test techniques for the test. Data collection methods used are interviews to validate the designers of learning, materials and media to experts, documentation in the form of curriculum data and data of research and test activities to find out student learning outcomes after learning to use video media. Meanwhile, to know the feasibility of media conducted individual trials, small group trials and large group trials.

From all aspects of media expert reviewers get a percentage of 95.45% included in the category very well. Expert reviewers aspects of the material get a percentage value of 95.83%. These percentages fall into very good categories. Data obtained on individual trials of 3 students, that of all aspects of the questionnaire for students get a percentage of value as much as 90%. While the data obtained in small group trials as many as 6 students, that of all aspects of the questionnaire for students get the percentage of value as much as 82.68%. Furthermore, to know effectiveness of developer video learning media use t-test with d.b = N-1 = 30-1 = 29 with error level 5% (0,05), then obtained ttabel: 0,361 and titung 10,066. So thitung is bigger than ttable that is 10,066> 0,361. So it can be concluded that in using video learning media in students of class XI SMKN 1 Buduran students experience significantly increased learning outcomes in youth and hair removal material.

Keywords :Development, Learning Video, Hair Coloring Materials
Published
2018-07-24
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 131