PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI DINAMIKA HIDROSFER UNTUK SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 KANDAT

  • MITA KUSNIASARI
  • ALIM SUMARNO

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi studi pendahuluan ditemukan kendala dalam pembelajaran di kelas. Faktanya kondisi riil yang terjadi adalah siswa belum sepenuhnya memahami materi Dinamika Hidrosfer dengan baik karena (1) Kurangnya minat baca siswa karena jenuh dengan buku bacaan teks. (2) Berdasarkan hasil belajar siswa pada ulangan harian di tahun sebelumnya sebanyak 60% siswa belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 70. Hal ini menjadi bahan evaluasi untuk guru dalam mengajar. Sehingga diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran guna membantu guru dan siswa dalam mencapai kondisi ideal yaitu (1) siswa dapat memahami materi Dinamika Hidrosfer dan dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri dengan menggunakan media CAI ini. (2) Hasil belajar siswa meningkat sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 70. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan media CAI materi Dinamika Hidrosfer. (2) Mengetahui keefektifan media CAI materi Dinamika Hidrosfer dalam pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Research and Development (R & D) dari Borg and Gall dalam Sugiyono. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari para ahli; dan data kuantitatif diperoleh dari uji coba pemakaian dan uji soal tes yang diujikan pada siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar wawancara tertutup untuk mengetahui kelayakan media. Serta instrumen tes berupa soal pilihan ganda untuk mengetahui keefektifan media. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik menggunakan rumus presentase untuk angket dan wawancara kelayakan media. Serta rumus uji-t hasil tes siswa untuk mengetahui keefektifan media CAI ini. Dari hasil validasi dengan para ahli materi dan ahli media didapatkan hasil bahwa media CAI Dinamika Hidrosfer mendapatkan kategori sangat baik. Sehingga media ini dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil uji lapangan didapatkan hasil thitung = 4,353 > ttabel = 2,048 sehingga dapat dikatakan bahwa media CAI Dinamika Hidrosfer meningkatkan hasil belajar. Karena terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kandat. Sehingga media CAI Dinamika Hidrosfer dinyatakan dapat membantu kesulitan belajar siswa.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Computer Assisted Instruction (CAI), Geografi, Dinamika Hidrosfer Abstract

Based on the results of preliminary study observations found obstacles in learning in the classroom. In fact the real condition that happens is the students have not fully understand the material Hydrosphere Dynamics well because (1) Lack of interest in reading students because saturated with text reading books. (2) Based on students learning result on daily test in previous year 60% of students have not reached the Minimum Exhaustiveness Criterion score 70. This becomes the evaluation material for teachers in teaching. So it is necessary for the development of learning media to help teachers and students in achieving ideal conditions that is (1) students can understand the material Hydrosphere Dynamics and can help students to learn independently by using this CAI media. (2) Student learning outcomes increase in accordance with the Minimum Exhaustiveness Criteria 70. The purpose of this study is (1) To know the feasibility of CAI media of Hydrosphere Dynamics material. (2) Knowing the effectiveness of CAI media of Hydrosphere Dynamics material in learning. The development model used in this research is the Research and Development (R & D) model of Borg and Gall in Sugiyono. The types of data used in this study are qualitative and quantitative data. Qualitative data are obtained from experts; and quantitative data were obtained from trial usage and test test questions tested on the students. This study uses a closed interview sheet instrument to determine the feasibility of media. And the test instrument is a matter of multiple choice to know the effectiveness of media. Data collection techniques used are techniques using the percentage formula for questionnaires and media feasibility interviews. And the t-test formula of student test results to know the effectiveness of this CAI media. From the results of validation with the material experts and media experts obtained the result that the media CAI Hydrosphere Dynamics get very good category. So this media can be declared eligible for use in learning. Based on the results of field tests obtained tcomputing = 4,353 > tcomputing = 2,048 so it can be said that the CAI media Hydrosphere Dynamics improve learning outcomes. Because there is a significant increase on the results of student learning class X SMA Negeri 1 Kandat. So the CAI media Hydrosphere Dynamics expressed can help students learning difficulties.

Keyword: Learning media, Computer Assisted Instruction (CAI), Geography, Hydrosphere Dinamics.
Published
2018-07-25
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 14