PEMANFAATAN MEDIA GAME ALIEN SPACETER SEBAGAI MEDIA BY UTILIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI NAMA PLANET-PLANET KELAS VI DI SD AL-HIKMAH SURABAYA

  • NOVIA CITRA AYU PUTRI AGRA
  • SUTRISNO WIDODO

Abstract

PEMANFAATAN GAME ALIEN SPACETER SEBAGAI MEDIA BY UTILIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI NAMA PLANET-PLANET PADA KELAS VI DI SD AL-HIKMAH SURABAYA

ABSTRAK

Media dalam kaitannya dengan proses pembelajaran memiliki peran yang dapat mengatasi beberapa masalah pembelajaran. Salah satunya dengan media yang digunakan oleh peneliti, pemanfaatan media ini memiliki tujuan dalam penggunaanya. Dilihat dari rumusan masalah yang ada yakni 1) Proses pembelajaran mata pelajaran IPA dengan memanfaatkan media by utilization berupa game alien spaceter pada materi pokok pengenalan planet- planet. 2) Adanya pengaruh yang signifikan pemanfaatan game alien spaceter materi pokok pengenalan planet-planet dalam meningkatkan hasil belajar untuk siswa kelas 6 SD Al-Hikmah Surabaya. Maka penelitian ini bertujuan dalam Mengetahui proses pemanfaatan media by utilization berupa game alien spaceter untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pokok pengenalan planet- planet bagi kelas VI SD Al-Hikmah Surabaya. Dan mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap pemanfaatan media by utilizaton game alien spaceter dalam hasil belajar siswa kelas VI SD Al-Hikmah Surabaya materi pengenaan planet- planet. Dengan melihat rumusan masalah dan tujuan yang telah ditetapkan maka peneliti memiliki jawaban atau dugaan sementara sebagai hipotesis penelitian, 1) Ha : Adanya pengaruh yang signifikan pemanfaatan media gamifikasi alien spaceter pada mata pelajaran IPA materi pokok nama planet-planet mampu meningkatkan hasil belajar pada siswa 2) Ho : Tidak ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan media gamifikasi alien spaceter pada mata pelajaran IPA materi pokok nama planet-planet tidak meningkatkan hasil belajar pada siswa.

Jenis penelitian seperti ini masuk pada penelitian eksperimen untuk mencari pengaruh sebab-akibat. Subjek dari penelitian ini adalah kelas VI (D,E,F) SD Al-Hikmah Surabaya dengan keseluruhan berjumlah 100 siswa, yang dimana dibagi dalam kelas ekperimen 1 (30 siswa), eksperimen 2 (30 siswa), dan kelas Kontrol (30 siswa). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ASSURE (Analyze Learner Characteristics, State Objective, Select or Modify Media, Utilize Material and Media, Require Learner Response, and Evaluate Learning Proccess). Metode pengumpulan data peneliti dengan menggunakan angket dan tes yang kemudian dianalisis dengan mencari data ”homogen dan normalitas” sebagai uji prasyarat kemudian diuji dengan uji hipotesis dengan menggunakan rumus ”One Way Anava”.

Dari proses penelitian yang sudah berjalan, hasil yang didapat dari data kualitatif dan dari hasil angket siswa diperoleh 78,51% ”baik” serta perbandingan tes Pretes dan Postes sebagai tolak ukur dalam pemanfaatan media game by utilization Alien Spaceter memperoleh kesimpulan bahwa proses pemanfaatan media game by utilization Alien Spaceter ini memiliki pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa dan pada kategori kelayakan media yang akan dimanfaatkan masuk dalam kategori ”sangat baik”. Hasil pretes dengan melalui perhitungan rumus One Way Anava, pretes dari setiap sampel diperoleh F hitung = 0,58 kemudian dikonsultasikan dengan Ftabel = 3,10 nilai F hitung lebih kecil dari F tabel. Sedangkan hasil perhitungan Postes diperoleh F hitung = 7,6 dengan dikonsultasikan dengan F tabel = 3,10. Maka hasil yang diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel 7,6 > 3,10 maka dapat dikatakan pada penilaian postes setelah diberikan treatmen dan pembelajaran dengan menggunakan media by utilization alien spaceter memiliki pengaruh yang signifikan. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci : Media game, Nama Planet, Pengaruh.

THE UTILIZATION OF ALIEN SPACETER GAME AS MEDIA BY UTILIZATION TO INCREAS LEARNING RESULT IN SCIENCE SUBJECT OF PLANET-PLANET NAME MATERIAL ON CLASS VI AT SD AL-HIKMAH SURABAYA

ABSTACT

Media in the material with a learning process that has a role that can overcome some learning problems. One of them with the media used by researchers, containing this media has a purpose in its use. Judging from the formulation of the existing problems are 1) The process of learning science subjects by utilizing the media with the use of alien spaceter game on the subject matter of the introduction of the planets. 2) There is a significant influence on the game of alien spaceter the main subject of the introduction of the planets in improving learning outcomes for 6th grade students of El-Hikmah Elementary School Surabaya. So this study aims in Knowing the process of utilizing the media with the use of alien spaceter game to improve learning outcomes on the subject matter of introducing the planets for class VI SD Al-Hikmah Surabaya. And to know the significant influence on the utilization of media by the use of alien spaceter game in the learning outcomes of students of class VI SD Al-Hikmah Surabaya matter the imposition of the planets. By looking at the formulation of problems and objectives that have been established then the researcher has the answer or suspected as a research hypothesis, 1) Ha: There is a significant influence on the use of gamification media foreign spaceter on the eyes IPA lesson the basic material of the names of planets that can improve student learning outcomes 2) Ho: There is no significant influence on the utilization of gamification media of foreign spacer on the eyes IPA lesson the basic material of the name of the planets does not improve student learning outcomes.

This type of research enters experimental research to look for causal effects. The subjects of this study were Class VI (D, E, F) SD Al-Hikmah Surabaya with a total of 100 students, which were divided into experiment class 1 (30 students), 2 experiments (30 students), and Control class (30 students ). The model used in this research is ASSURE Model (Analyze Learner Characteristics, State Objective, Select or Modify Media, Utilize Material and Media, Require Learner Response, and Evaluate Learning Proccess). The method of collecting research data using questionnaire and test which then analyzed by searching "homogeneity and normality" data as prerequisite test then tested by hypothesis test by using "One Way Anava" formula.

From the research process that has been running, the results obtained from the qualitative data and from student questionnaire results obtained 78.51% "good" and the comparison of tests Pretes and Postes as a benchmark in the utilization of media game by utilization Alien Spaceter got the conclusion that the process of utilization of game media by utilization Alien Spaceter has a significant influence on student learning outcomes and on media feasibility categories that will be utilized into the category of "very good". The result of pretest with the calculation of formula One Way Anava, pretes from each sample obtained F arithmetic = 0,58 then consulted with Ftabel = 3.10 F value count smaller than F table. While the results of Postes calculations obtained F arithmetic = 7.6 in consultation with F table = 3.10. Then the results obtained Fhitung greater than Ftabel 7.6> 3.10 then it can be said on postes assessment after given treatments and learning by using media by utilization alien spaceter has a significant influence. Thus Ho is rejected and Ha accepted.

Keywords: Game media, Planet Name, Influence.

Published
2018-07-25
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 27