PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI PUSAT SUMBER BELAJAR PADA JENJANG SD/MI DI KECAMATAN LAMONGAN

  • OKTO IRAWAN

Abstract

Sumber belajar merupakan salah satu komponen dalam sistem pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Perpaduan yang kompleks dan terintegrasi dari berbagai sumber belajar disebut Pusat Sumber Belajar . Salah satu sumber belajar yang ada di sekolah yaitu perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah dewasa ini bukan hanya merupakan unit kerja yang menyediakan bacaan guna menambah pengetahuan dan wawasan bagi murid, tapi juga bagian yang integral dari pembelajaran. Perpustakaan sekolah pada jenjang sd/mi di kecamatan lamongan berfungsi sebagai pusat sumber belajar sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Untuk memperlihatkan fokus masalah pada penelitian ini maka terdapat rumusan masalah yakni 1) Bagaimana pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar di SD/MI di kecamatan Lamongan? 2) Kendala-kendala apa yang dihadapi SD/MI dalam mengelola perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar? 3) Faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar? 4) Upaya-upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan atau kendala-kendala pada pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Mendiskripsikan  pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai Puasat Sumber Belajar di SD/MI di kecamatan lamongan dan Mengetahui Kendala-kendala apa yang dihadapi SD/MI dalam mengelola perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar? Serta Mengetahui Faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar? Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan dalam upaya pengembangan Pusat Sumber Belajar dan bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja personil yang terlibat dalam pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai Pusat Sumber Belajar.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan data yang diperoleh melalui metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil analisis data menunjukkan adanya sistem pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai Pusat Sumber Belajar pada jenjang sd/mi di kecamatan lamongan sudah cukup baik terutama dalam sarana dan prasarana akan tetapi untuk sekolah negeri masih perlu ditingkatkan. Faktor yang menjadi penghambat antara lain kurangnya sdm yang berkompeten di bidang pengelolaan. Dan hal ini sapat diatasi dengan melakukan beberapa upaya diantaranya menyelanggarakan pelatihan tentang pengelolaan perpustakaan

Kata Kunci: Pusat Sumber Belajar, Perpustakaan Sekolah, Pengelolaan

ABSTRACT

Learning resources is one of the components in the learning system to achieve learning objectives. The complex and integrated combination from many learning resource called learning resource center. One of the school’s learning resource center is school libraries. School libraries today are not only seen as work unit that provide readings to elevate the knowledge and insight of the students, but it also being an integral part of the learning process. The function of school libraries in SD/MI elementary school in lamongan district as learning resource center is an effort to improve the learning process quality.

To show the focussed matter in this reasearch as it is in the formulation problem which are 1) How does the management of the school libraries as a learning resource center in SD / MI in districts Lamongan? 2) what are the constraints in managing the SD / MI school libraries as a learning resource center? 3) what are the defficulties and supporting factors for managing school libraries as learning resource center? 4) what efforts that can be done to overcome the difficulties and constraints in managing school libraries as the learning resource center? While the research objectives in this research are to decribe the managements of school libraries as the learning resources center in SD/MI elementary school in lamongan district and to gain information of the constraints factor in managing SD/MI elementary school as learning resources center. As well to gain knowledge of the difficulties and supporting factors that school libraries as learning resources center had. Hopefully the result of this research will be taken into consideration in the development of a Learning Resource Center and as the evaluation materials to improve the performance of personnel involved in the management of the school library as a Learning Resource Center

The type of this research is a qualitative research that discribe the data that been collected by observation, interview and documentary methods. Qualitative research is being used to discribe the natural condition and to collect the full data that going to be analyzed to give an answer to the problem it had.

The results of the analysis of the data shows a system of managing the school library as a Learning Resource Center (PSB) on the ladder sd / mi lamongan in the district is good enough, especially in the infrastructure but to public schools need to be improved. Factors that become obstacles include lack of human resources who are competent in the field of management. And this can be overcome by doing some efforts such as conducting a training on library management.

Keywords: Learning Resource Center, School Libraries, Management.  

Published
2013-05-22
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 629