Pemanfaatan Media Komputer Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sains Tentang “Alat Peredaran Darah” Siswa Kelas V SDN Tritunggal 1 Babat Lamongan
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan memanfaatkan media komputer pembelajaran pada mata pelajaran Sains dengan materi Alat Peredaran Darah. Model pemanfaatan yang digunakan adalah model pemanfaatan media dari Arief Sadiman, yang tersusun secara sistematis untuk meningkatkan hasil hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan membandingkan kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Dalam pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel acak sederhana. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tritunggal 1 Babat Lamongan mata pelajaran Sains pada materi Alat peredaran Darah. Teknik analis data menggunakan rumus koefisien kesepakatan dan uji t terhadap perbedaan hasil belajar siswa, baik sebelum maupun setelah diberi perlakuan. Dari hasil analisis data selama guru memanfaatkan media komputer pembelajaran dapat diketahui bahwa hasilnya “Sangat Baik”. Sedangkan dari hasil uji t diperoleh thitung 2,498 sedangkan pada t tabel yaitu 1,990 dengan taraf signifikansi 5% dari df = (N1+N2) -2 = 40-2 = 38. Dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,498 > 1,990. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media komputer pembelajaran dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas V SDN Tritunggal 1 Babat Lamongan mata pelajaran Sains pada materi Alat peredaran Darah.
Kata kunci : media komputer pembelajaran, sains
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan memanfaatkan media komputer pembelajaran pada mata pelajaran Sains dengan materi Alat Peredaran Darah. Model pemanfaatan yang digunakan adalah model pemanfaatan media dari Arief Sadiman, yang tersusun secara sistematis untuk meningkatkan hasil hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan membandingkan kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Dalam pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel acak sederhana. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tritunggal 1 Babat Lamongan mata pelajaran Sains pada materi Alat peredaran Darah. Teknik analis data menggunakan rumus koefisien kesepakatan dan uji t terhadap perbedaan hasil belajar siswa, baik sebelum maupun setelah diberi perlakuan. Dari hasil analisis data selama guru memanfaatkan media komputer pembelajaran dapat diketahui bahwa hasilnya “Sangat Baik”. Sedangkan dari hasil uji t diperoleh thitung 2,498 sedangkan pada t tabel yaitu 1,990 dengan taraf signifikansi 5% dari df = (N1+N2) -2 = 40-2 = 38. Dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,498 > 1,990. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media komputer pembelajaran dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas V SDN Tritunggal 1 Babat Lamongan mata pelajaran Sains pada materi Alat peredaran Darah.
Keywords : media, Computer Assisted Learning, sains
PDF Downloads: 21