PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PRODUKTIF PERAWATAN ALAT MULTIMEDIA POKOK BAHASAN KAMERA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • TRIAR IMAM CAHYONO

Abstract

 Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Surabaya ditemukan masalah belajar yaitu siswa kesulitan memahami pelajaran produktif perawatan alat multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media video pembelajaran pada mata pelajaran produktif perawatan alat multimedia pokok bahasan kamera siswa kelas XI Multimedia terhadap hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran dari Arief Sadiman. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan memanipulasi suatu variabel yang digunakan untuk menguji hubungan sebab-akibat dalam kondisi yang terkendalikan. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes.  Dalam pemilihan sampel penelitian ini digunakan teknik sampel acak sederhana. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Surabaya mata pelajaran produktif perawatan alat multimedia pokok bahasan kamera. Teknik analisa data menggunakan uji t terhadap perbedaan hasil belajar siswa, baik sebelum maupun setelah diberi perlakuan. Dari hasil analisis data uji t dengan taraf signifikan 5% d.b. = 36 – 1 = 35 sehingga diperoleh ttabel 2,021 dan ternyata thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,650 > 2,021 sehingga dapat dikatakan signifikan pemanfaatan media video pembelajaran pada mata pelajaran produktif perawatan alat multimedia pokok bahasan kamera berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai yang diraih siswa setelah memanfaatkan media video pembelajaran tentang merawat peralatan multimedia.

 

Kata kunci : Pemanfaatan, media video pembelajaran, produktif perawatan alat multimedia, hasil belajar.

Published
2013-05-22
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 69