Pemanfaatan Broadband Learning Center (BLC) Di Taman Prestasi Surabaya Sebagai Sumber Belajar Alternatif Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Surabaya

  • SIGIT WICAKSANA S

Abstract

Abstrak

Pemanfaatan Broadband Learning Center (BLC) sebagai pusat sumber belajar di Taman Prestasi Surabaya tidak akan berhasil mewujudkan tujuannya apabila tidak dimanfaatkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemanfaatan Broadband Learning Center (BLC) pada mata pelajaran TIK berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI. Model pemanfaatan yang digunakan adalah model pemanfaatan dari Arief Sadiman. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan membandingkan hasil nilai pretest dengan posttest. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan tes. Dalam pemilihan sampel penelitian ini digunakan teknik sampel acak sederhana. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 6 Surabaya mata pelajaran TIK kompetensi dasar menggunakan perangkat lunak pembuat desain grafis. Teknik analisa data menggunakan uji t terhadap perbedaan hasil belajar siswa, baik sebelum maupun setelah diberi perlakuan. Dari hasil analisis data selama guru memanfaatkan BLC dapat diketahui bahwa hasilnya “Baik”. Sedangkan dari hasil uji t dengan taraf signifikan 5% d.b. = 39 – 1 = 38 sehingga diperoleh ttabel 1,697 dan ternyata thitung lebih besar dari ttabel yaitu 8,922 > 1,697. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam pemanfaatan BLC pada mata pelajaran TIK kompetensi dasar menggunakan perangkat lunak desain grafis gimp dan inkscape berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 6 Surabaya..

 

Kata kunci :Pemanfaatan, Broadband Learning Center, TIK

 

Abstract

Utilization of Broadband Learning Center (BLC) in Taman Prestasi Surabaya as a learning resource center will not be successful in realizing its purpose if not used properly. This study research to determine the utilization of Broadband Learning Center (BLC) on the subjects of TIK influence the learning outcomes of students of class XI. The utilizatoin models used is Arief Sadiman learning utilization models. This study includes a experiments research by comparing the results of the value pretest with posttest. Data collection instrument used was a questionnaire, observation and tests. In the selection of the sample is a simple random sampling technique was used. The object of this study is class XI IPS-1 Senior High School 6 Surabaya subject TIK basic competencies graphic design software maker. Data analysis using the t test for differences in student learning outcomes, both before and after a given treatment. From the analysis of data for teachers utilize the BLC can be seen that the results are "good". While the results of the t test with significance level of 5% db = 39-1 = 38 to obtain 1.697 t-table and turns t-count greater than t-table ie 8.922 > 1.697. It can be concluded that the use of TIK in subjects BLC basic competencies graphic design software gimp and inkscape effect on student learning outcomes grade XI Senior High School 6 Surabaya.

Keywords  : Utilization, Broadband Learning Center, TIK

Published
2013-05-22
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 27