Pemanfaatan Media VCD Dongeng Dancow Kisah Sebuah Guling Kecil Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN Slempit 2 Kedamean Gresik

  • FAJAR SUBEKI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa, dengan memanfaatkan media VCD Dongeng Dancow  pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara tertulis. Model pemanfaatan yang digunakan adalah model pemanfaatan menggunakan media dari Arief Sadiman, yang tersusun secara sistematis untuk meningkatkan hasil  belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan membandingkan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media dan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pre test – Post test. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes tulis.  Obyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Slempit 2 Kedamean Gresik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia  pada materi memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara tertulis. Teknik analisa data menggunakan rumus koefisien kesepakatan dan uji t terhadap perbedaan hasil belajar siswa, baik sebelum maupun setelah diberi perlakuan. Dari hasil analisis data selama guru memanfaatkan media VCD Dongeng Dancow dapat diketahui bahwa hasilnya “Sangat Baik”. Dari hasil analisis data uji t dengan taraf signifikan 5% d.b. = 25-1 = 24 sehingga diperoleh harga t tabel sebesar 2,064 dan ternyata t hitunglebih besar dari t tabel yaitu 3,571 > 2,064, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan media VCD Dongeng Dancow  dapat meningkatkan kemampuan bercerita  siswa kelas V SDN Slempit 2 Kedamean Gresik pada Mata pelajaran Bahasa indonesia dengan materi memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara tertulis

 

Kata kunci : pemanfaatan, media VCD , kemampuan bercerita, Bahasa Indonesia

Abstract

This research aims to enhance students' storytelling ability, utilizing media Tale VCD Dancow on Indonesian Language with materials to understand the story of an event and a short story children submitted in writing. Utilizing model used is a utilizing model of media from Sadiman Arief, arranged systematically to improve student learning outcomes.This study included type of quasi-experimental study comparing the learning outcomes of students before using the media and student learning outcomes after learning to use the media. This study research design One Group Pretest - Post-test. Data collection instruments used were observation, and written tests. The object of this study is a fifth grade students class  of SDN Slempit 2 Kedamean Gresik in Indonesian Lesson in the material to understand the story of an event and a short story children submitted in writing. Data analysis techniques using the formula coefficients and t-test agreement on differences in student learning outcomes, both before and after a given treatment.From the analysis of data for teachers' use of media Dancow Tale VCD can be seen that the results are "Very Good". From the analysis of the data t test with significance level of 5% db = 25-1 = 24 to obtain value t table is 2.064 and it   t count greater than t table is 3.571> 2.064, so it can be concluded that learning by utilizing Dancow Tale VCD media can enhance storytelling fifth grade students of SDN Slempit 2 Kedamean Gresik the subjects in Indonesian lesson with the material to understand the story of an event and a short story submitted In writing children.

 
Keywords
: Utilization, VCD media, Storytelling ability, Indonesian lesson

Published
2013-05-22
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 105