PENGEMBANGAN MODUL CETAK RANGKAIAN LISTRIK UNTUK S1 TEKNIK ELEKTRO DI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ANGKATAN LAUT SURABAYA

  • NURUL AZMI
  • ANDI KRISTANTO

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA MODUL CETAK RANGKAIAN LISTRIK UNTUK S1 TEKNIK ELEKTRO DI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ANGKATAN LAUT SURABAYA

Nama : Nurul Azmi

NIM : 14010024047

Program Studi : S-1 Teknologi Pendidikan

Jurusan : Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd.

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kesenjangan antara kondisi ideal dengan kondisi riil. Dalam suatu kondisi ideal berdasarkan RPP yang disusun, mahasiswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik, yaitu (1) mahasiswa memahami konsep dasar rangkaian listrik yang didapat diaplikasikan pada persenjataan militer dengan baik, (2) mahasiswa dapat memahami elemen-elemen dasar rangkaian listrik dengan baik. Sedangkan kondisi riil yang terjadi adalah (1) hanya 40% mahasiswa yang mampu mencapai tujuan pembelajaran seperti yang telah dirumuskan, (2) mahasiswa memiliki kesulitan belajar terutama pada materi rangkaian listrik yang memiliki tingkat kerumitan yang tinggi, dan kendala yang terjadi juga disebabkan oleh kurangnya minat belajar mahasiswa karena sumber belajar yang kurang menarik. Sehingga dipandang perlu adanya pengembangan media modul cetak rangkaian listrik untuk menarik minat mahasiswa dalam mempelajari materi tentang rangkaian listrik.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan media modul cetak rangkaian listrik (2) Mengetahui keefektifan media modul cetak rangkaian listrik dalam pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Pada penelitian ini digunakan instrumen lembar wawancara tertutup untuk mengetahui kelayakan media, dan instrumen tes pilihan ganda untuk mengetahui keefektifanmedia. Dalam melakukan analisis data digunakan rumus persentase untukmengetahui kelayakan media dan rumus Rumus wilcoxon match pair test digunakan untuk mengetahui keefektifan media.

Dari penelitian ini didapatkan hasil, berdasar pada validasi dengan ahli materi dan ahli media mendapat kategori sangat baik, sehingga media dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Zhitung = 3,07 > Ztabel 1,96. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini, media efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci : Pengembangan, Modul, Rangkaian listrik

Published
2018-07-30
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 18