PEMANFAATAN MEDIA KAMERA LUBANG JARUM PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPIILAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELUKIS PADA SISWA KELAS V SDI DARUT TAQWA SURABAYA

  • MOCHAMAD SYAIFUDIN

Abstract

Abstrak
Kamera lubang jarum adalah fotografi tanpa menggunakan lensa namun terdapat luabng kecil pengganti lensa, terdapat cahaya yang melewati lubang lalu suatu citra terbentuk dalam kamera. Media peranannya penting dalam pembelajaran yaitu untuk memudahkan siswa menerima materi. Media kamera lubang jarum dalam pembelajaran bermanfaat memudahkan siswa belajar tentang mengekspresikan diri tentang cara melukis dengan cahaya tanpa menggunakan media yang mahal dan semua siswa dapat menggunakannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media kamera lubang jarum dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan memanfaatkan media kamera lubang jarum dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa setelah menggunakan media tersebut pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan tentang mengekspresikan diri melalui gambar dengan mengandalkan cahaya. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Darut Taq’wa Surabaya berjumlah 25 siswa. Untuk tes menggunakan rumus uji-t terhadap perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.
Dari hasil analisis data selama guru memanfaatkan media kamera lubang jarum telah diketahui bahwa hasilnya “Sangat Baik”. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pre test grup desain. Tes yang diberikan kepada siswa sebelum perlakuan (O1) disebut pre-test dan tes yang diberikan sesudah perlakuan (O2) disebut post-test. Untuk hasil belajar siswa melalui tes setelah diberi perlakuan dengan memanfaatkan media kamera lubang jarum telah diketahui hasilnya t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 13,692 > 2,060 dengan taraf 0,025 d.b = N-1 = 25-1=24. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media kamera lubang jarum dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan tentang mengekspresikan diri melalui gambar dengan mengandalkan cahaya di SDI Darut Taq’wa Surabaya.
Kata kunci : Pemanfaatan, Media Kamera Lubang Jarum, Hasil Belajar Siswa Kelas V


Abstract
The hole needle camera is a photography whitout lens, but there is a small hole as a lens. The light will through in to the camera. The media is important in learning process it will ease the students to study. The media of hole needle camera is advantageous for student because it will wase their studying to express their self about how to make a picture with light withoutthe expensive media and all students can use it.
The purpose of this research is to know the advantageous of media hole needle camera in learning process that be done the teacher by using media hole needle camera art and handycraf to exspress self in art by lighting the subjectof this research is the fifth grade students of this research is the fifth grade students of SDI Darut Taq’wa Surabaya there are 25 Students. The formula of this test is t-formula to defferent the output before and after learning has be done.
From this analysis data while teacher uses media hole needle camera had be known that the output is “Very Good”. The study design used by researchers is pre-test group design. Test are given to students prior to treatment (O1) is called pre-test and post-test were given treatment (O2) is called the post-test. The output after that learning is better than before. From t table is 13,692 > 2,060 eith standard 0,025 d.b = N-1 = 25-1 = 24. So the conclution is by using media hole needle camera can improve the output of fifth grade students in art and handycraf to exspress self in art by lighting in SDI Darut Taq’wa Surabaya.
Keywords : The Advantageous of Media Hole Neddle Camera, Fifth Grade Learning Outcomes

Published
2013-05-22
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 76