Pengembangan Media Buku Kain Untuk Anak Usia 3-4 Tahun Pada Materi Taman Hiburan Di KB-RA Fattahul Huda Pungpungan Bojonegoro

  • YUNITA MILASARI
  • RUSIJONO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan dan keefektifan media buku kain yang dikembangkan untuk anak kelompok bermain (KB) usia 3-4 tahun Lembaga RA Fattahul Huda Pungpungan Bojonegoro. Media buku kain dikemas dalam bentuk media yang bisa dibongkar pasang yang didalamnya memuat materi tentang mengenal ukuran benda, yang ditujukan untuk melatih anak dalam mengurutkan ukuran benda, sehingga anak dapat lebih aktif belajar serta dapat meningkatkan perkembangan berfikir logis pada anak. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok bermain (KB) usia 3-4 tahun Lembaga RA Fattahul Huda Pungpungan Bojonegoro. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R&D. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan non parametrik yaitu sign test (uji tanda) dari hasil observasi 2 pengamat. Pada uji validitas item soal dinyatakan valid sedangkan uji reliabilitas dinyatakan reliabel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) media buku kain yang dikembangkan dengan materi mengenal ukuran dalam meningkatkan perkembangan berfikir logis pada anak dikatakan layak dari aspek materi maupun media. Pada ahli materi, setelah dilakukan revisi dua kali dikategorikan sangat baik dengan presentase 100% sedangkan ahli media dikategorikan sangat baik dengan presentase 93,3%. 2) Hasil uji coba yang dilakukan secara perseorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar menunjukkan bahwa media buku kain yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan dua analisis diatas dapat disimpulkan bahwa media buku kain yang dikembangkan layak digunakan. Uji non parametrik sign test (uji tanda) hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdasarkan tabel binomial, dengan N=13, dan p=5 diperoleh tabel p tabel = 0,291. Serta taraf kesalahan sebesar 5% (0,05), maka harga 0,291 lebih besar dari 0,05 (0,291 > 0.05) dengan demikian Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku kain yang dikembangkan materi pokok mengenal ukuran pada sub tema taman hiburan untuk meningkatkan hasil belajar anak kelompok bermain (kb) usia 3-4 tahun Lembaga RA Fattahul Huda Pungpungan Bojonegoro.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Buku Kain, Berfikir logis, Mengenal Ukuran, Kemampuan Kognitif Anak

Abstract

This study aims to determine the feasibility and effectiveness of media developed cloth books for children in group play (kb) aged 3-4 years Fattahul Huda Pungpungan RA Institute of Bojonegoro. The media guide is packaged in a fabric that can be assembled media that are contained within a matter of knowing the size of the object, which is intended to train the child to sort the size of the object, so that children can be more actively studied and may increase the development of logical thinking in children. The subjects of this study were children of play groups (kb) aged 3-4 years RA Institution Fattahul Huda Pungpungan Bojonegoro. Development model used is a model of R & D. Methods of data collection using structured interviews, and observation. Data were analyzed using non-parametric sign test (test pins) on the observation of two observers. On the matter of the validity test items declared invalid while the reliability test revealed reliable. The result showed that: 1) media developed cloth books with familiar material size in enhancing the development of logical thinking in children is feasible from the aspect of material and media. In subject matter experts, after a revised twice categorized very well with a percentage of 100% while the media experts are categorized very well with a percentage of 93.3%. 2) The results of trials conducted in individual, small group, and large group indicates that the media developed cloth books included in the excellent category. Based on the two above analysis it can be concluded that the fabric book media developed feasible use. Non-parametric test sign test result of posttest of experiment group and control group showed that there was a significant difference between experimental group and control group based on binomial table, with N = 15, and p = 6 obtained table p table = 0,304. And the error rate of 5% (0.05), then the price of 0.304 is greater than 0.05 (0.304 > 0.05) thus Ho rejected and Ha accepted. It can be concluded that the media developed cloth book subject matter knowing the size of the sub-theme amusement park to improve the learning outcomes of children in group play (kb) aged 3-4 years Fattahul Huda Pungpungan RA Institute of Bojonegoro.

Keywords: Development, Media Books Fabrics, logical thinking, Getting to know the size, Cognitive Development Of Children
Published
2018-08-08
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 36